Kamis, 31 Desember 2015

Memulai Kerja di Tempat Baru

Meskipun bukan fresh graduate yang baru lulus kemarin sore, hari pertama kerja  tetap saja sama tidak enaknya dengan hari pertama kita masuk sekolah di sekolah yang baru. Apalagi jika sebelumnya kita pernah bekerja di tempat lain maka perasaan kerja di tempat yang lama semakin membuat kita merasa suasana kerja di tempat baru semakin menakutkan. Akan tetapi jangan khawatir karena hari pertama kerja hanya datang satu kali, dan jika Anda melakukan langkah yang tepat, maka hari pertama kerja di tempat baru tidak seseram yang Anda bayangkan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghadapi hari pertama kerja:

Datanglah tepat waktu. Usahakan anda datang minimal 15 menit sebelum jam kerja sehingga Anda tidak terburu-buru dan terlambat masuk di tempat kerja yang baru pada hari pertama kerja.
Mulailah pekerjaan  Anda dengan energi baru. Tinggalkanlah kebiasaan kerja lama di tempat yang lama. Mulailah dengan energi yang baru, apalagi jika Anda masuk di tempat kerja yang baru dengan posisi yang cukup tinggi, maka bersikaplah aktif dan penuh antusiasme.
Adaptasi dengan lingkungan baru. Setiap tempat kerja atau perusahaan selalu mempunyai kebiasaan yang berbeda-beda. Pertama kali masuk kerja di tempat baru Anda harus mengenali lingkungan baru, dan jangan merasa bodoh karena tidak tahu apa-apa, akan tetapi mulailah mempelajari hal-hal baru sehingga Anda akan lebih mudah beradaptasi.
Buka mata dan waspada. Berada di tempat yang baru, itu berarti kita harus mempelajari sifat orang-orang yang ada di lingkungan sekitar tempat kerja baru Anda. hati-hatilah dengan orang yang sudah lama bekerja di tempat kerja baru Anda karena tidak jarang diantara mereka ada yang berusaha memberi Anda peringatan-peringatan yang membuat hati Anda ciut.
Jagalah etika. Saat Anda berada di tempat baru serta orang-orang baru pula, maka etika adalah hal yang perlu dijaga apalagi mereka belum mengenal kepribadian Anda dengan baik justru kadang-kadang kesalahan kecil dapat dimaafkan untuk menjatuhkan Anda. Untuk itu jagalah sikap dan tutur bahasa Anda.
Jika di tempat kerja lama Anda terbiasa berbicara dengan bahasa gaul atau tidak formal, maka tahan dulu untuk tidak berbicara kepada rekan kerja baru Anda dengan menggunakan bahasa tersebut. Tunggu sampai Anda mengenal kepribadian mereka dengan baik, dengan begitu Anda akan lebih mudah untuk menyesuaikan diri dalam pergaulan.
Sesuaikanlah juga gaya berbusana dengan keadaan setempat. Bagi Anda yang wanita, jangan dandan berlebihan dan jika tempat kerja lama Anda memperbolehkan memakai atasan tak berlengan dan rok super mini, belum tentu tepat kerja baru Anda menerima penampilan tersebut. Lihatlah lingkungan sekitar agar tidak salah tempat.
Lupakan semua kenangan di kantor lama. Apapun alasan Anda keluar dari pekerjaan  lama Anda, jangan pernah mendiskreditkan perusahaan ataupun atasan lama Anda. Sebenarnya, menceritakan aib perusahaan lama sama saja menguak kelemahan Anda sendiri. Janganlah membanding-bandingkan perusahaan lama dengan yang baru, karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.
Salah bukan berarti menghukum diri sendiri tetapi untuk pelajaran berharga. Semua orang pasti pernah berbuat salah, namun jika terjadi dihari pertama Anda kerja di tempat baru, jangan langsung menyalahkan apalagi menghukum diri sendiri. Maklumi diri Anda sendiri. memang kita sering merasa panik dan gugup jika melakukan kesalahan apalagi jika kesalahan itu terjadi dihari pertama bekerja di tempat yang baru. Yang penting berjanjilah pada diri sendiri untuk tidak mengulanginya lagi dan jadikan kesalahan itu sebagai pengalaman yang sangat berharga untuk mulai karir  di tempat yang baru.
Jagalah langkah Anda. Saat berinteraksi di lingkungan kerja yang baru, jangan terlalu banyak memberikan penilaian. Lakukan observasi lapangan dulu agar Anda mengenali lingkungan sekitar terlebih dahulu. Jangan sampai Anda salah memberikan penilaian terhadap lingkungan baru Anda atau rekan-rekan kerja baru. Dihari pertama kerja mungkin Anda sudah mendengar gosip-gosip yang beredar, akan tetapi jangan telan mentah-mentah kabar burung tersebut agar Anda tidak salah arah. Jangan terlalu banyak mengeluarkan suara dahulu, dengarkanlah dahulu bagaimana lingkungan Anda berkata.
Hari pertama kerja tidak pernah selamanya berakhir sesuai dengan keinginan Anda, akan tetapi hal yang perlu kita sadari adalah bahwa kita sedang mempelajari banyak hal yang belum kita ketahui di tempat kerja yang baru. Tetap semangat teman!!!
Bagi tipe pekerja kutu loncat hal ini mungkin menjadi sesuatu yang tidak asing dan biasa di jalani, tetapi akan sangat berat bagi seseorang yang tidak terbiasa pindah kerja untuk bekerja di lingkungan kerja yang baru apalagi bagi orang yang pertama kali bekerja.
Salah satu kunci utama agar bisa bertahan di tempat kerja yang baru adalah bisa memahami dan beradaptasi dengan lingkungan dan budaya kerja di tempat kerja yang baru. Kemampuan beradaptasi merupakan salah satu faktor utama agar bisa bertahan di tempat kerja baru.
Saya sering mendengar dan melihat sendiri banyak karyawan yang pindah pindah kerja dengan alasan tekanan kerja yang berat, rekan kerja yang ga bisa diajak kerja sama dan lingkungan yang tidak mendukung, padahal sebenarnya sumber utama dari permasalahan tersebut adalah kemampuan beradaptasi yang kurang dari karyawan yang bersangkutan. Selain kemampuan beradaptasi, kemampuan berkomunikasi juga memegang peranan yang tidak kalah penting dalam menentukan kesuksesan seseorang di tempat kerja baru, komunikasi yang baik dan terjaga di awal dengan rekan rekan kerja yang baru sangat menentukan kesuksesan seseorang untuk beradaptasi selanjutnya di tempat kerja yang baru.
Agar bisa bertahan di tempat kerja yang baru, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah,
  • Memahami dan menghargai budaya perusahaan, setiap perusahaan pastilah memiliki budaya kerja yang berbeda beda, kita perlu memahami dan menghargai setiap peraturan baik yang tertulis maupun peraturan informal yang tidak tertulis, untuk itu kita perlu menjaga komunikasi dengan rekan rekan kerja baru agar segera mengetahui apa apa saja peraturan tidak tertulis yang ada di perusahaan.
  • Membaur dan membuka diri dengan rekan kerja lain, Selain bergaul dengan rekan sedivisi, sudah seharusnya kita juga bisa membaur dengan rekan kerja dari divisi lain, sehingga kita akan lebih memahami lingkungan dan budaya di kantor yang baru. Terbukalah dan jangan menutup diri dari pergaulan di kantor baru.
  • Mempelajari karakter dan gaya komunikasi di kantor baru, setiap lingkungan pastilah memiliki gaya komunikasi dan personal karakter yang berbeda beda, dengan mempelajari dan menggunakan cara komunikasi yang sama pastilah kita akan lebih mudah diterima di lingkungan kerja yang baru.
  • Mau belajar dan terbuka untuk kritik, Setiap kali mengalami kesulitan jangan ragu untuk bertanya dengan rekan kerja maupun atasan, setiap kali selesai melakukan pekerjaan lakukan evaluasi dan terbukalah terhadap setiap kritik yang membangun baik dari atasan maupun dari rekan kerja.
Satu hal yang terpenting dari itu semua adalah, selalu memiliki pikiran yang positif, selalu lah berpikir positif meskipun Anda berada dilingkungan yang negatif dan jangan berburuk sangka ketika Anda menemukan hal hal yang tidak mengenakkan di tempat kerja baru, anggap saja semua itu sebagai tantangan dan ajang pembelajaran.

1 komentar:

  1. B O L A V I T A Bandar Resmi Taruhan Online Indonesia
    Kunjungi Website Kami www.bolavita.vip Sekarang Juga.

    Menyediakan Banyak Permainan Online Yang Sangat Disukai Dikalangan Player Di Indonesia. Diantaranya :
    - Sabung Ayam
    - Casino
    - Bolatangkas
    - Taruhan Bola / Sportsbook
    - Poker, Kiu-Kiu, Ceme
    - Tembak ikan
    - Slot Game
    - Togel online SGP / HK / KL

    Klik ==> ANGKA MAIN HARI INI

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kontak CS Kami (Online 24jam)
    WA: 0812-2222-995
    BBM: BOLAVITA
    WeChat: BOLAVITA
    Line : cs_bolavita

    BalasHapus