Rabu, 30 Desember 2015

Segarkan Hubungan Biar Pacaran Kamu Jauh Dari Kata Bosan

Jenuh terhadap hubungan asmara yang sudah lama terjalin merupakan suatu hal yang lumrah. Bagaimana tidak, setiap hari bertemu dengan orang yang sama, berbagi kata-kata sayang dan candaan serupa — bisa mengubah rasa berbunga-bunga menjadi datar minim gelegak rasa. Saat rasa bosan melanda, bukan berarti kamu tidak lagi cinta. Hanya saja, kamu dan pacar memang sedang melewati fase jenuh yang wajar dialami.


Saat kejenuhan melanda, kamu bisa menyegarkan kembali hubunganmu dengan pacar yang sudah berjalan cukup lama dengan hal-hal sederhana. Gak perlu memberinya barang mewah atau selalu bertemu selama 24 jam. Introspeksi, sadar diri, dan melakukan hal sederhana di bawah ini bisa kamu coba kok. Penasaran hal-hal apa saja yang bisa dicoba untuk menyegarkan jalinan kasihmu dan pasangan? Berikut Hipwee jabarkan untuk kamu.
1. Kalian mungkin hanya membutuhkan waktu sendiri-sendiri, sedikit mengurangi frekuensi untuk tidak selalu bertemu setiap hari
Seringnya waktu bertemu bisa menjadi pemicu utama kebosanan dalam berpacaran. Rutin berkirim pesan di pagi hari, selalu bertemu untuk makan siang serta makan malam bersama dapat menyulut api kebosanan di antara kalian. Ada baiknya kalian mengambil jeda beberapa waktu untuk tak saling bertatap muka, tapi pastikan kalian tetap saling bertukar kabar ya. Karena komunikasi adalah kunci supaya hubungan kalian tetap berjalan baik.
Kamu dan pacar bisa menggunakan waktu sendiri kalian untuk melakukan ragam hobi yang kalian sukai. Hal ini bisa digunakan untuk menebus sebagian besar waktu kalian yang tergadai demi bersama orang yang kalian cintai. Bahkan mungkin juga kalian bisa menggunakannya untuk berkumpul dan bersenang-senang bersama teman masing-masing. Biarkan rasa kangen timbul kembali setelah kalian tak berjumpa beberapa hari.
2. Coba pergi ke tempat-tempat kenangan, tempat pertama kali kalian bertemu dan jatuh hati untuk kemudian mengikat janji
Pergi ke tempat kalian dulu bertemu dan mengikat janji bisa dijadikan cara ampuh untuk mengingatkan euphoria perasaan kalian yang dulu pernah ada. Bahkan, untuk memperkuat perasaan dan memori, kalian bisa mengenakan baju yang sama seperti ketika hari pertama kalian bertemu. Hal ini akan kembali mendatangkan memori dan kenangan indah saat dulu kalian pertama berjumpa. Bahkan, kalian bisa mengingat kembali janji dan komitmen yang dulu pernah terucap.
3. Melakukan kegiatan seru penuh adrenalin bisa juga memupuk rasa percaya dan mempertebal rasa sayangmu kepada pasangan
Selain pergi ke tempat pertama kalian bertemu dulu, kamu dan pasangan bisa melakoni kegiatan seru yang berbumbu adrenalin yang belum pernah kalian lakukan bersama. Melakukan kegiatan seru bersama bisa membantu kalian memulihkan romansa yang dulu sempat berkobar. Bagi para cowok, kamu akan terdorong untuk memberikan perlindungan bagi kekasihmu, dan bagi para cewek, kamu secara spontan akan meminta perlindungan dan keamanan kepada pasanganmu. Hal-hal kecil ini bisa menjadi bumbu penyedap dan mengembalikan percikan sayang yang dulu pernah kalian rasakan bersama.
Kalian bisa menjajal kegiatan seru seperti off road, bungee jumping, rafting, dan ragam kegiatan yang kaya akan adrenalin lainnya. Hal ini dijamin ampuh membuat hubungan asmara kalian gak monoton dan bisa memberi warna baru dalam jalinan kasih kalian.

4. Kalian juga bisa menonton film drama berdua, cara klasik yang dijamin ampuh menumbuhkan romansa yang dulu ada
Selain melakukan kegiatan kencan yang tidak biasa, mungkin cara berkencan klasik bisa jadi cara ampuh selanjutnya. Gak perlu pergi ke bioskop yang mahal, sulap saja ruang TVmu untuk menonton film drama kesayangan. Bahkan, mungkin di tengah film komedi romantis kalian bisa dibuat tertawa lepas. Kamu juga bisa kok membandingkan hal-hal romantis yang ada di film dengan kebiasaan pacaran kalian. Biarkan dia tahu bahwa kamu masih mengingat dengan baik perhatian-perhatian kecil yang pernah dia lakukan. Dijamin kamu dan pasangan akan kangen terhadap perhatian-perhatian kecil dan kebiasaan romantis yang dulu sering kalian lakukan satu sama lain.
5. Duduklah berdua dan bicara dari hati ke hati. Ungkapkan dengan jujur segala perasaan yang sudah mengendap selama ini
Setelah menonton film bersama, ada baiknya kalian membicarakan hubungan kalian dari hati ke hati. Mungkin kamu bisa juga mengutarakan dengan jujur tentang apa yang kamu suka dari pasangan. Mulai dari hal terkecil hingga besar, biarkan pasanganmu tahu bahwa kamu masih mengingat hal detil tentang dirinya. Setelah itu, kamu bisa kok mengkritik pasanganmu dan biarkan dia mengkritik dirimu juga. Bicarakan dari hati ke hati. Yang pasti diingat jangan menyimpan dendam di batin setelah mendengar kritik dari dia. Dengan begitu kamu jadi tahu apa yang disukai dan hal kecil apa yang tidak disukai pasangan dari dirimu.
Mungkin kalian juga bisa mengatakan secara jujur permasalahan apa yang dulu pernah terjadi dan belum terselesaikan hingga detik ini. Bukan sengaja untuk mengungkit yang sudah terjadi, tetapi hanya ingin mencegah hal ini menjadi pemicu bom waktu di kemudian hari. Setelah masalah yang lama benar-benar selesai dibicarakan, mungkin kemudian kalian juga bisa membicarakan masa depan hubungan kalian.

6. Di tengah padatnya aktivitas, menyelipkan kejutan sederhana bisa membangkitkan romansa yang sempat hilang sekian lama
Kejutan kecil bisa menjadi oase di tengah kegersangan ikatan kasih kalian. Antarkan sarapan kepada kekasih dengan diberi tempelansticky note yang berisi pesan singkat yang mesra. Mengirim sms pendek yang berisi semangat dan ungkapan sayang kalian di tengah-tengah jam kerja juga gak ada salahnya kok. Bahkan hal itu akan membuatnya kian jatuh hati padamu. Hal ini bisa menyegarkan kembali rutinitas pacaran kalian yang monoton dan menjadi pemanis hubungan yang makin terasa hambar.
7. Ubah destinasi kencan kalian. Kunjungi tempat-tempat baru yang selama ini belum sempat didatangi
Jika dulu pergi kencan hanya ke tempat yang itu-itu saja; mall, bioskop, cafe, sekarang cobalah buat daftar tempat kencan yang ingin kalian kunjungi bersama. Tidak ada salahnya kalian menjelajah keindahan dan keunikan kota. Mungkin kalian bisa membuat kunjungan singkat ke museum, atau duduk di bangku taman dan menikmati suasana sore.
Bahkan, dengan berkunjung ke tempat-tempat yang belum pernah kalian kunjungi bisa membuatmu mampu melihat sisi positif dari dirinya yang selama ini masih belum kamu ketahui. Misalnya saja dengan berkunjung ke museum, kamu jadi tahu bahwa dia punya pengetahuna yang luas tentang sejarah. Atau mungkin sewaktu menghabiskan waktu di taman, kamu akan semakin mencintainya karena melihat kebaikan hatinya yang terpancar dengan caranya menolong nenek tua untuk menyeberang jalan.

8. Matikan gawaimu sejenak saat sedang berdua. Nikmati waktu dan pandang matanya lama-lama
Ketika kamu dan pasangan bertemu untuk menghabiskan waktu bersama, yang perlu kamu ingat adalah buang jauh-jauh gadgetmu dan jangan acuh tak acuh terhadap pasanganmu. Biarkan waktu bertemu kalian menjadi lebih berkualitas tanpa adanya gadget yang hanya akan mendistraksi. Fokuskan dirimu hanya kepadanya. Kalau memang ada keberadaan gadget, biarkan hal itu menjadi penghibur untuk kalian berdua. Misalnya saja mendengarkan lagu yang sama dengan berbagiearphone atau melihat dan tertawa bersama saat menonton video lucu dari Youtube. Jadikan gadget sebagai penghubung bukannya pemecah hubungan kalian.
9. Segarkan ingatan kalian dengan hal-hal yang pernah kalian lalui bersama
Ingat kembali momen-momen kebersamaan kalian yang sudah terlewati. Ingat betapa culunnya saat kalian pertama kali berjumpa, atau bagaimana dulu kalian pernah mengalami masa-masa sulit dan hampir berpisah, kenang juga betapa bahagia dan kompaknya kalian saat menonton konser penyanyi kesayangan. Mungkin dengan mengingat masa jatuh bangun hubungan kalian bisa membuatmu tahu bahwa banyak hal yang sudah kalian lalui bersama. Suka duka, tawa dan tangis bahagia kalian selalu bersama. Kamu ada untuknya dan dia ada untukmu.
10. Akuilah bahwa kadar cinta bisa berubah. Hubungan kalian tak mungkin akan selalu manis seperti masa awal berjumpa. Bukan berarti kalian tidak berhasil; justru ini waktunya membuktikan seberapa jauh kalian bisa bertahan.
Kenyataan yang harus diakui kebenarannya adalah bahwa cinta bukanlah ilmu pasti. Karena itu terkadang kadar cintapun naik dan turun, tak pernah sama. Kamu juga harus mengerti bahwa kadar cinta pasangan tidak selalu sama seperti saat kalian pertama berjumpa. Saat kalian sedang melalui masa jenuh, bukan berarti kalian gagal, hanya saja kadar cinta kalian yang sebenarnya sedang diuji. Tanyakan kepada diri kalian, mampukah kalian melewati masa-masa jenuh dan bosan itu bersama atau justru kalian akan menyerah kalah dan mencari cinta baru dengan kadar yang lebih tinggi?
Jenuh itu hal biasa kok, yang luar biasa adalah bagaimana cara kalian mencoba bertahan di dalam sebuah hubungan. Semoga cara-cara di atas dapat membantu menyegarkan hubungan asmaramu dan kekasih yang sudah lama terjalin ya.

Merasa jenuh atau bosan pada suatu hubungan merupakan hal biasa. Hampir setiap pasangan pernah merasakan hal tersebut. Namun bukan berarti rasa bosan dipelihara dalam hati dan pikiran, lalu mencoba untuk berpindah ke lain hati. Jenuh bukan alasan untuk berpisah. Berikut enam cara mengatasi rasa jenuh pada pasangan yang dikutip ivillage.

1. Lakukan hal gila bersama
Tidak harus sky diving, tapi jangan menjadi petualang kecil dan keluar dari elemen Anda.
Ketika Anda berdua keluar dari zona kenyamanan Anda, pria merasa diberi kesempatan menjadi ksatria berbaju baja untuk Anda. Selain menyenangkan, terkadang hal gila bisa mempererat hubungan Anda kembali.

2. Pujilah dia
Luangkan waktu untuk memberi apresiasi pada pekerjaan yang dia lakukan baik di rumah atau kantor. Anda akan melihat dorongan dalam keyakinannya untuk berbuat yang lebih baik lagi kepada Anda. Jika Anda membuka mata Anda ke hal-hal positif yang dia lakukan, Anda akan ingat mengapa memilih dia sebagai pasangan.

3. Memulai hobi baru bersama
Terkadang tiap pasangan sering menjauh dari satu sama lain untuk melakukan hal mereka sendiri. Akhirnya mereka jarang menghabiskan waktu dan kurang bersama-sama. Jika Anda memulai hobi baru bersama-sama, Anda akan berbagi tertawa, serta menikmati keberhasilan atau kegagalan masing-masing. Sesuatu yang dapat Anda lakukan bersama-sama, akan membantu hubungan Anda kembali.

4. Menertawakan lelucon dia
Mungkin Anda sudah mendengar sebuah lelucon yang sama. Tapi cobalah untuk mendengarkan seperti Anda belum pernah mendengar hal itu sebelumnya
Dan siapa tahu, jika Anda tertawa Anda mungkin akan muncul ketertarikan lagi.

5. Mengingat kembali awal pertemuan
Coba ingat-ingat apa yang Anda lakukan pertama kali sekitar. Misalnya, apakah Anda genit dan seksi atau kau intelektual? Apapun yang Anda lakukan ketika pertama kali bertemu, cobalah untuk mengingatnya bersama karena dapat menumbuhkan benih-benih cinta kembali. Tak ada masa terindah selain awal pendekatan bukan?

6. Berlibur
Tidak harus merogoh kocek dalam-dalam untuk berlibur ke luar negeri. Berada di lingkungan yang baru akan memberikan pandangan baru pada dirinya. Pergi pergi bersama-sama adalah cara yang bagus untuk berhubungan kembali, terutama jika Anda terganggu oleh orangtua, karir dan kewajiban lainnya. Hanya pastikan untuk menyingkirkan perangkat mobile Anda dan laptop selama liburan Anda agar tak mengganggu.
Jika Anda merasa bosan pada pasangan, cobalah tips di atas dan temukan kembali perasaan cinta yang pernah ada.

Memiliki hubungan yang langgeng dan awet pada kenyataannya memanglah merupakan harapan semua pasangan. Dengan cinta dan kasih sayang yang dimiliki selama ini dan direalisasikan pada pasangan masing-masing tentunya tidak ingin sia-sia. Berbagai cara pun kerap kali dilakukan oleh seluruh pasangan agar hubungannya bisa bertahan lama, ya kerana pada umumnya semua pasangan ingin benar-benar serius menjalin hubungan untuk bisa melanjutkan kejenjang pernikahan.
Namun, tahukah anda dibalik usaha yang dilakukan selama ini dalam mempertahankan cinta pada masing-masing pasangan, karena lamanya waktu mereka menjalin hubungan kerap kali timbul rasa bosan yang selalu menghampiri dan menyelimuti. Hal ini bukanlah hal aneh lagi, ya karena hal ini merupakan hal yang sangat wajar bahkan semua pasangan pun pasti akan mengalaminya.
Rasa bosan ini merupakan sala satu sifat buruk yang dimiliki oleh manusia. Ya memang pada kenyataannya sifat mudah bosan ini bisa melanda semua aspek di dalam kehidupan seperti halnya kehidupan cinta seperti yang telah disebutkan di atas. Apabila anda bosan akan barang tertentu maka anda bisa membeli yang baru, jika anda bosan dengan pekerjaan maka anda bisa mencari pekerjaan yang lain. Namun jika anda bosan terhadap pasangan anda, maka urusannya tidaklah semudah itu.
Memiliki hubungan yang sudah berlangsung lama dan bertahun-tahun merupakan suatu pencapaian yang sangat hebat, karena anda dan pasangan anda mampu menjalin komitmen bersama dalam waktu yang lama. Nah agar rasa bosan dan kejenuhan tidak menghampiri anda berdua, untuk itu diharapkan anda mengetahui cara untuk mengatasi rasa bosan dan jenuh tersebut. Jika anda sudah mengetahuinya maka anda bisa mengambil tindakan terlebih dahulu sebelum rasa kebosanan tersebut menghancurkan hubungan anda dan pasangan. Di bawah ini ada beberapa cara mencegah kebosanan dan kejunahan dalam berpacaran. Namun sebelumnya anda harus mengetahui penyebab rasa bosan dan jenuh tersebut.
Penyebab timbulnya rasa bosan kepada pasangan
1. Rasa sayang sudah mulai luntur
Penyebab utama rasa bosan muncul pada pasangan yaitu lunturnya rasa sayang dan cinta pada pasangan. Apabila rasa sayang sudah tidak sebesar dahulu lagi maka sudah pasti anda akan merasa bosan dan tidak tertarik lagi pada pasangan. Ketika anda sudah kehilangan ketertarikan ini maka lambat laun anda akan berfikir anda berdua sudah tidak cocok lagi. Apabila benar seperti ini, maka permasalah ini ada pada diri anda bukanlah pasangan anda.
2. Memendam kemarahan terlalu lama
Bertengkar dalam suatu hubungan merupakan hal yang sangat wajar. Namun terkadang dari pertengkaran tersebut sering terjadi tidak ditemukannya solusi untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Hingga pada akhirnya anda akan memendam sendiri rasa marah dan jengkel. Nah, kemarahan yang anda simpan sendiri ini jika terlalu lama dan menumpuk maka akan membawa pada titik kejenuhan.
3. Stres atau depresi
Sebelum anda menyalahkan pasangan anda akan masalah yang sering terjadi dalam hubungan dengan pasangan anda, alangkah baiknya anda intropeksi diri dan melihat serta memahami kondisi anda terlebih dahulu dengan baik. Mungkin saja pada saat itu anda sedang mengalami stress atau depresi, sehingga anda terliihat kehilangan semangat dan tidak peduli untuk melakukan hal apapaun begitu juga dengan hubungan anda.
4. Trauma masa kecil
Tahukan anda ternyata ada kaitannya antara trauma pada masa kecil dengan bosan dalam menjalankan hubungan. Apabila pada masa kecil anda pernah mengalami trauma karena pada saat itu orang tua anda lebih sayang pada kakak anda maka kemungkinan besar anda akan lebih nyaman untuk hidup sendiri. Nah, dalam hal ini ketika anda menjalin hubungan tanpa disadari anda telah menjaga jarak dengan pasangan anda. Secara psikologis anda telah menjauhkan diri dari pasangan yang akan beresiko membuat anda bosan kepadanya.
Itulah beberapa penyebab rasa bosan dalam pacaran. Di bawah ini cara untuk mecegahnya.
Cara Mencegah Rasa Bosan Dalam Berpacaran
1. Mencoba hal baru yang sebelumnya belum pernah anda dan pasangan anda lakukan
Melakukan segala hal bersama pasangan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga hubungan dengan pasangan anda. Namun, jika anda berdua melakukan kegiatan yang selalu sama atau itu-itu saja, maka tidak lain tidak bukan anda berdua akan merasa bosan. Untuk itu mulai dari sekarang cobalah hal-hal baru yang sebelumnya belum pernah anda lakukan. Lakukanlah hal-hal yang menyenangkan seperti traveling, berlibur ke pantai atau bisa juga anda berdua mengikuti sebuah organisasi untuk jadi relawan sosial.
2. Move on dari masalah yang pernah anda berdua alami
Dalam hubungan tentunya akan ada masalah yang selalu menghampiri. Nah, terkadang masalah yang terjadi ini bisa diselesaikan ataupun tidak bisa diselesaikan. Bahkan jika sudah diselesaikan pun ada salah satu baik anda atau pasangan anda yang kerap kali memendam masalah tersebut dan mengungkitnya pada suatu hari. Untuk itu, cobalah saling mengingatkan satu sama lainnya untuk tidak selalu mengungkit masalah yang terjadi, dalam hal ini anda berdua dituntut untuk benar-benar saling memaafkan. Ya kerana itu tidak bisa dilakukan maka besar kemungkinan rasa bosan dan jenuh akan menghampiri yang pada akhrinya akan merusak hubungan anda berdua.
3. Sering ajak pasangan anda bercanda
Humor merupakan cara yang paling ampuh untuk memecahkan rasa bosan dan jenuh yang menghampiri. Oleh sebab itu, sering-seringlah ajak pasangan anda bercanda, gombal-gombalan atau apa saja yang bisa membuat anda dan pasangan tertawa. Dengan cara ini maka otomatis kebosanan akan hilang.
4. Saling memuji satu sama lain
Biasanya pasangan yang sudah lama menjalin hubungan asmara sudah lupa akan hal muji memuji. Karena saking seringnya bertemu maka bisa jadi anda dan pasangan anda merasa bahwa tidak ada lagi hal istimewa dari diri masing-masing bahkan sampai merasa jenuh dan bosan. Oleh sebab itu, untuk mencegah hal tersebut terjadi maka anda berdua harus saling memuji akan kelebihan masing-masing dan saling mengoreksi akan kekurangan, dengan begitu rasa cinta akan kembali tumbuh dan rasa bosan pun akan menghilang.
5. Ingat momen indah bersamanya
Jika anda sudah dihampiri oleh rasa bosan dan jenuh pada pasangan anda, cobalah untuk flashback kembali pada masa lalu anda berdua. Ingatlah ketika awal pasangan anda menyatakan cintanya, berjuang bersama untuk bisa terus bersama, saling menguatkan dan masa-masa ketika anda dan pasangan anda berbahagia. Nah, dengan cara seperti itu maka sangat ampuh untuk membangkitkan rasa sayang dan cinta kembali pada pasangan anda. Pada saat anda mengingat, dan ingatan tersebut mampu menyentuh hati anda maka secara emosional rasa memiliki akan tumbuh kembali.
6. Komunikasi yang baik
Tentunya anda mengetahui bahwa komunikasi yang baik merupakan kunci utama agar hubungan tetap harmonis. Oleh sebab itu jagalah komunikasi antara anda dan pasangan, jangan sampai komunikasi di antara anda berdua terputus karena lama kelamaan jika anda tidak bisa berkomunikasi dengan baik maka besar kemungkinan rasa bosan akan hadir. Ketika bertemu pun ajak dia berbicara dan mengungkapkan keluh kesah satu sama lain, dengan begitu anda akan merasa bahwa selain pasangan, anda juga akan menganggap bahwa pasangan anda merupakan teman sejati yang selalu ada ketika anda membutuhkan, dengan begitu anda akan merasa selalu ingin memilikinya dan tidak bosan dengannnya.
7. Buatlah rencana kencan
Jika anda dan pasangan anda sama-sama sibuk dan anda berdua terlalu lelah untuk bertemu pada akhir pekan, ajaklah pasangan anda untuk bertemu sebentar di sela-sela kegiatan berdua, seperti makan siang, makan malam, dan yang lainnya. Nah, cara ini akan membantu anda terhindar dari rasa bosan kepada pasangan.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah rasa bosan ketika berpacaran. Janganlah pernah kalah oleh rasa bosan yan menghampiri, sebisa mungkin pertahankan hubungan yang telah lama anda jalin bersama pasangan.

3 komentar:

  1. ** BANJIR BANJIR BANJIR UANG DI MEJA **
    VIPbandarQ - YOUR No #1 BandarQ Online Indonesia
    ----------------------------------------------
    Menyediakan 7 Jenis Permainan TerFAVORIT
    BANDAR Q | ADU Q | DOMINO QQ | POKER | CAPSA SUSUN | Bandar Poker | Sakong (New Game) ----------------------------------------------
    Di Dukung 5 Bank Ternama di INDONESIA
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON
    ----------------------------------------------
    Bonus Terbesar di VIPbandarQ
    1. Bonus Refferal TANPA SYARAT
    2. Bonus Rolligan TIAP MINGGU
    ----------------------------------------------
    Selalu Ada Kejutan Untuk Member VIPBANDARQ
    ----------------------------------------------
    Gabung Sekarang Juga dan Raih Kemenangan Puluhan Juta Setiap Hari
    CS ONLINE 24/7
    BBM : 55AB0E6C
    INSTAGRAM : VIPBANDARQORG
    SKYPE : VIPBANDARQ
    FACEBOOK : VIPBANDARQ
    www. VIPBANDARQ. org

    BalasHapus
  2. B O L A V I T A Bandar Resmi Taruhan Online Indonesia
    Kunjungi Website Kami www.bolavita.vip Sekarang Juga.

    Menyediakan Banyak Permainan Online Yang Sangat Disukai Dikalangan Player Di Indonesia. Diantaranya :
    - Sabung Ayam
    - Casino
    - Bolatangkas
    - Taruhan Bola / Sportsbook
    - Poker, Kiu-Kiu, Ceme
    - Tembak ikan
    - Slot Game
    - Togel online SGP / HK / KL

    Klik ==> ANGKA MAIN HARI INI

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kontak CS Kami (Online 24jam)
    WA: 0812-2222-995
    BBM: BOLAVITA
    WeChat: BOLAVITA
    Line : cs_bolavita

    BalasHapus

  3. Ngomongin pacaran, ternyata ada loh beberapa gaya pacaran yang berpotensi besar bikin kantong jadi jebol. Hindari deh sebisa mungkin. Selengkapnya bisa kamu liat di sini: Gaya pacaran bikin dompet tipis

    BalasHapus