Rabu, 30 Desember 2015

Orang Tua Tak Perlu Olahraga?

Seiring bertambahnya usia, olahraga menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Manfaat melakukan aktivitas fisik secara rutin bukan hanya dirasakan tubuh, tapi juga mood dan daya ingat.



Olahraga teratur akan membantu meningkatkan energi, membuat bugar, bahkan mengurangi rasa nyeri. Meski Anda menderita gangguan penyakit, banyak jenis latihan yang bisa dilakukan untuk membuat kita tetap aktif.


Ketahui 5 mitos seputar olahraga untuk kaum lansia, dan faktanya.


1. Tak ada manfaatnya
Fakta: Olahraga dan latihan kekuatan akan membantu orang tua terlihat dan juga merasa lebih muda serta aktif lebih lama. Melakukan olahraga secara rutin akan menurunkan risiko terkena penyakit yang banyak diderita lansia, seperti demensia, penyakit jantung, diabetes,hipertensi, dan kanker kolon.


2. Orang tua harus banyak istirahat
Fakta: Penelitian membuktikan, gaya hidup sedentari tidak sehat bagi orang yang berusia di atas 50 tahun. Jarang bergerak akan membuat lansia kehilangan kemandirian dan juga keseimbangan.


3. Olahraga meningkatkan risiko jatuh
Fakta: Olahraga jika dilakukan teratur akan membangun kekuatan dan stamina, mencegah berkurangnya kekuatan tulang, dan meningkatnya keseimbangan. Kombinasi semua hal itu bisa menurunkan risiko jatuh.


4. Sudah tua, terlambat untuk mulai olahraga
Fakta: Tak ada kata terlambat untuk berolahraga. Jika sebelumnya Anda tak pernah berolahraga, mulailah dengan berjalan kaki atau aktivitas fisik ringan lainnya.


5. Tak kuat berdiri lama
Fakta: Ada banyak jenis latihan olahraga yang bisa kita sesuaikan dengan kondisi tubuh. Anda bisa bergabung dengan komunitas olahraga atau senam untuk melatih gerakan-gerakan fisik sesuai kondisi fisik.


Tidak hanya anda sebagai orang muda, anak-anak, remaja, dan orang dewasa yang sangat perlu untuk melakukan olahraga teratur. Namun Orang tua atau Lansia juga harus tetap melakukan aktivitas fisik secara teratur. Hal ini dikarenakan Olahraga teratur dapat mendorong pengeluaran hormone pertumbuhan, hormon anti stres, dan hormon endorphin, yang berfungsi untuk menghambat penurunan fungsi tubuh atau penuaan yang terjadi pada Lansia.
Olahraga dengan gerakan tertentu yang melibatkan otot tubuh akan dapat menjaga kekuatan otot, fungsi persendian, pembuluh darah tetap elastis dan tetap terbuka, sehingga memperlancar aliran darah ke bagian-bagian tubuh kita, membantu melatih pengembangan paru-paru. Namun yang perlu diperhatikan untuk Menjaga Kesehatan Lansia adalah mencegah olahraga yang melebihi kemampuan tubuhnya.


Olahraga yang dianjurkan bagi Lansia, adalah olahraga dengan gerakan yang melibatkan pelatihan pernafasan dan jantung, melatih kekuatan otot dan sendi, dan dikemas dalam suasana rekreasi, sehingga tidak menimbulkan rasa jenuh untuk Lansia.


Jalan Kaki untuk Lansia


Aktifitas Jalan kaki dapat melatih kekuatan otot jantung dan kelancaran pernapasan, melatih kekuatan otot kaki, sehingga aliran darah kembali ke Jantung kembali lancer. Agar Olahraga ini tidak membosankan, dapat dikemas dalam bentuk rekreasi, seperti jalan kaki di pantai, di taman kota, dan di pedesaan dengan metode berkelompok.


Senam Lansia juga dapat menjadi pilihan olahraga yang aman bagi lansia. Buat Gerakan-gerakan senam tidak terlalu sulit dan dapat melatih kekuatan otot, sendi, dan keseimbangan. Jangan sampai beban gerakan-gerakan senam terlalu berat, dan berbahaya bagi Lansia. Beban yang tepat adalah aktivitas fisik dari senam memiliki beban yang mampu melatih bagian tubuh, sedikit di atas kemampuan maksimal. Aktifitas pekerjaan Rumahtangga juga baik dilakukan, namun tetap haris diperhatikan batas maksimal kemampuan tubuh.


Tes Kesehatan Lansia


Sebelum melakukan latihan olahraga untuk Menjaga Kesehatan Lansia, sebaiknya para Lansia melakukan tes pengukuran kemampuan dan kesanggupan fisik awal. Sebelum dilakukan tes ini,  ada beberapa syarat yang harus dipatuhi, antara lain:
  • Peserta Lansia harus dalam kondisi sehat berdasarkan hasil pemeriksaan dokter,
  • Malam sebelum pengukuran kebugaran jasmani dilakukan, peserta harus cukup tidur (minimal 6 Jam),
  • Makan terakhir dilakukan minimal 4 jam sebelum pengukuran kebugaran jasmani dilakukan,
  • Gunakan pakaian dan sepatu olahraga yang paling Nyaman,
  • Pelaksanaan pengukuran sebaiknya dilakukan pada pagi hari.
Setelah melakukan tes kesehatan dan dipastikan Orang Tua aman melakukan Olahraga, anda juga perlu memperhatikan beberapa aspek, sehingga anda benar-benar nyakin untuk memulai olah raga secara rutin, yang diantaranya adalah:
  • Jangan pernah membiarkan lansia untuk berolahraga sendiri tanpa ada orang yang mengawasi secara langsung maupun tidak langsung.
  • Olahraga untuk Lansia sebaiknya dilakukan 2 jam sesudah makan terakhir, jadi apabila olahraga dilakukan pada pagi hari, anda harus makan roti atau biskuit dengan minum hangat paling tidak 30 menit sebelum olahraga. Hal ini sangat penting untuk menjaga kadar gula yang cukup saat berolahraga.
  • Lakukan Olah raga pada pagi hari. Hal ini dikarenakan kondisi udara pagi jauh lebih bersih apabila dibandingkan dengan kualitas udara pada siang atau sore hari. Udara sejuk pada pagi hari juga akan mengurangi rasa lelah akibat suhu yang panas.
Lansia yang menderita penyakit seperti penyakit otot dan sendi, jantung, pernapasan, dan penyakit metabolik memerlukan program olahraga khusus yang dibuat oleh dokter konsultan olahraga. Program olahraga khusus ini, akan membantu perbaikan penyakit yang sedang diderita.
Kesimpulan:
  • Olahraga yang teratur dan sesuai dengan petunjuk dokter akan mampu mengurangi keluhan gejala penyakit pada Lansia,
  • Olahraga untuk merawat kesehatan Lansia sebaiknya dilakukan pada pagi hari, dan tidak melebihi batas maksimal ketahanan Tubuh.
Ketika memasuki usia pensiun dan menjadi warga ‘senior’ –sebutan lain bagi para usila (usia lanjut)— banyak orang tua berpikir bahwa hidup mereka sangat monoton. Sehari-hari hanya diisi dengan leyeh-leyeh di rumah, nonton teve, atau momong cucu. Padahal, mereka juga membutuhkan kegiatan yang lebih bervariasi agar tidak bosan – sama seperti orang-orang yang lebih muda. Namun tentu saja pilihan kegiatannya perlu disesuaikan dengan minat dan kondisi kesehatan mereka. Kegiatan yang bervariasi tidak hanya merangsang (atau menenangkan) pikiran, tetapi juga menjaga keseimbangan mental seseorang.


Berikut adalah beberapa jenis kegiatan yang bisa dilakukan orang tua kita:
Olahraga ringan
Sampai usia berapa pun, sebaiknya orang tua harus aktif bergerak atau melakukan olahraga secara teratur. Tujuannya, selain menjaga kebugaran, juga untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit kronis dan menyehatkan mental mereka. Dengan tubuh sehat, mereka dapat melakukan aktivitas yang mereka sukai.


Namun sebelum mulai berlatih, ajaklah mereka berkonsultasi ke dokter ahli (dokter spesialis olahraga dan spesialis gizi) agar dapat menentukan jenis dan takaran latihan yang tepat. Beberapa jenis olahraga aman dilakukan, antara lain: jalan kaki, tai chi, golf, berenang, atau dansa. Dansa, selain memiliki unsur fun, juga baik untuk memperlancar sirkulasi darah dan merangsang otak agar tetap aktif.


Menghangatkan nostalgia
Setelah pensiun, banyak orang tua yang terpisah dari kelompok pertemanannya di kantor. Agar tak kesepian, sebagai gantinya Anda bisa membantu mereka untuk menjalin kembali pertemanan dengan teman-teman sekolah atau kuliah mereka. Selain bisa bernostalgia, mereka juga berbagi kesenangan melalui kegiatan arisan, reuni, atau wisata religi, seperti umroh  atauh ziarah ke tempat-tempat suci lain.


Kegiatan sosialisasi bagi para senior sama pentingnya seperti latihan fisik. Seperti yang dilansir dari situs SeniorList.com, hasil riset membuktikan, orang yang senang bergaul akan berdampak positif terhadap kondisi kesehatan dan kebahagiaannya sepanjang hidup. Jika mereka aktif bergaul, maka mereka akan merasa senang dan punya teman, sehingga kecenderungan depresi karena kesepian relatif rendah.


Menyalurkan hobi
Bagi mereka yang dulu belum sempat menyalurkan hobi karena sibuk bekerja, inilah saat yang tepat untuk menekuni kembali hobi yang telantar itu. Mereka bisa mengikuti workshop sesuai hobi, misalnya melukis, berdansa, memasak, atau membuat kerajinan tangan seperti merajut, merangkai bunga, dan lainnya.


Bagi penyuka traveling, mereka bisa mengikuti trip jalan-jalan atau wisata kuliner yang diselenggarakan oleh agen perjalanan atau komunitas tertentu. Di beberapa negara, beberapa agen perjalanan bahkan memberikan layanan day trip bagi warga senior yang ingin keliling kota, mulai dari ke mal, museum, atau nonton film. Dengan begitu mereka bisa pelesir dengan nyaman sekaligus mendapat kenalan teman baru yang seusia.


Hiburan di waktu senggang
Di rumah pun orang tua bisa diajak mengisi waktu senggang dengan aktif. Mulai dari melakukan tugas-tugas rumah tangga yang ringan, membaca, menulis, memainkan alat musik, berkaraoke, atau bermain games yang merangsang kerja otak, seperti mengisi teka-teki silang, scrabble, atau sudoku. Berkebun atau memelihara hewan piaraan juga bisa menjadi alternatif kegiatan yang menghibur.  


Jika cukup familiar dengan komputer, mereka bisa memanfaatkan internet untuk mencari resep-resep masakan atau ide mendekor rumah sesuai  selera mereka. Atau menjalin kembali hubungan dengan teman-teman lama atau sanak saudara –terutama yang tinggal di luar kota atau luar negeri— melalui jejaring sosial, facebook misalnya. Dengan begitu mereka bisa memelihara silaturahmi dan berbagi cerita.


Intinya, berilah dukungan agar orang tua kita bisa melakukan kegiatan yang disenangi secara konsisten. Ketika tubuh dan pikiran tetap aktif, maka kemungkinan untuk terserang penyakit fisik maupun mental dapat dikurangi. Di sisi lain, mereka pun tetap bisa menikmati hidup.

1 komentar:

  1. B O L A V I T A Bandar Resmi Taruhan Online Indonesia
    Kunjungi Website Kami www.bolavita.vip Sekarang Juga.

    Menyediakan Banyak Permainan Online Yang Sangat Disukai Dikalangan Player Di Indonesia. Diantaranya :
    - Sabung Ayam
    - Casino
    - Bolatangkas
    - Taruhan Bola / Sportsbook
    - Poker, Kiu-Kiu, Ceme
    - Tembak ikan
    - Slot Game
    - Togel online SGP / HK / KL

    Klik ==> ANGKA MAIN HARI INI

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kontak CS Kami (Online 24jam)
    WA: 0812-2222-995
    BBM: BOLAVITA
    WeChat: BOLAVITA
    Line : cs_bolavita

    BalasHapus