Selasa, 05 Januari 2016

Banyak Alasan Kenapa Melamun Baik Untukmu!

Kegiatan kita sehari-hari sepertinya tidak bisa lepas dari aktivitas yang satu ini. Dibandingkan mengkhayal, melamun lebih kepada mengingat kembali sesuatu yang telah berlalu. Entah kenapa, melamun itu lebih banyak yang membayangkan kisah sedihnya daripada kisah bahagianya.

Siapa sih yang tidak pernah melamun? Pasti semua orang pernah melamun. Tapi apakah di saat kita melakukan sesuatu hal tiba-tiba saja ada hasrat dan melamun begitu saja. Sebagai good news ya, ternyata melamun disaat kita melakukan sesuatu mengindikasikan bahwa kita memiliki kemampuan otak yang baik. Itu berarti bahwa malamun memiliki dampak baik bagi kesehatan otak kita.

Melamun adalah suatu kegiatan olah raga otak atau bahasa kerennya yaitu working memory. Hal ini dilakukan oleh otak bagian dalam yang memiliki fungsi menyimpan memory dan mengatur apa saja yang kita pikirkan.

Setiap orang pasti pernah melamun dan berkhayal memikirkan masa depan atau sesuatu hal yang indah. Studi terbaru menunjukkan bahwa orang yang pikirannya sering melayang ternyata memiliki otak yang lebih tajam. Mengapa bisa begitu?

Studi terbaru menunjukkan bahwa orang yang sering melamun justru memiliki lebih banyak memori kerja di otak, yang memberinya kemampuan untuk dapat melakukan dua hal pada saat yang sama.

Dalam studi yang hasilnya sudah dipublikasikan dalam Psychological Science ini, peneliti meminta partisipan untuk menekan tombol saat merespons kata-kata yang muncul di layar komputer. Peneliti kemudian akan memeriksa secara berkala untuk menanyakan apakah pikiran partisipan sempat melayang alias melamun.

Pada akhir studi, peneliti mengukur kapasitas memori kerja partisipan serta juga memberikan skor untuk kemampuan mengingat serangkaian huruf diselingi dengan pertanyaan-pertanyaan matematika yang mudah.

Hasilnya, partisipan yang lebih banyak melamun justru yang kapasitas memori otaknya lebih tinggi.

Diperkirakan ini berkaitan dengan ruang kerja mental yang digunakan. Misalnya, ketika orang dapat menjumlahkan dua angka yang diucapkan tanpa perlu menuliskannya, tapi cukup dengan membayangkannya saja. Kapasitas ini telah dikaitkan dengan ukuran umum intelijen, seperti pemahaman membaca dan skor IQ.

Ada dua sistem utama dari otak kita; bagian analisis yang bertugas untuk membuat keputusan dan bagian yang berhubungan dengan empati. Ketika kita sangat terlibat dengan salah satu bagian otak, maka bagian yang lain tak akan mampu untuk saling mengimbangi.

Dengan melamun, maka kedua bagian ini akan mampu bekerja dengan seimbang dan kita tak akan merasa terlalu stres karena salah satu bagian otak kita bekerja terlalu keras. Studi terbaru ini menggarisbawahi bagaimana memori kerja penting dalam memungkinkan otak untuk fokus pada masalah yang paling mendesak.

Banyak selebriti kreatif seperti Woody Allen dan J.K. Rowling, menyatakan bahwa melamun adalah kegiatan utama yang membuka jalan menuju dunia kreatif yang selama ini mampu membesarkan nama mereka. Ini disebabkan karena ketika kita melamun, pikiran kita berkelana melalui berbagai bagian dari otak dan mengumpulkan sedikit demi sedikit informasi yang mungkin akan berhubungan satu sama lain. Koneksi ini yang seringkali membuatmu untuk menemukan berbagai ide kreatif.
Sama seperti memikirkan masa lalu atau membayangkan masa depan, kemampuanmu untuk membayangkan sudut pandang seseorang sejauh seberapa dalam kamu mengenal orang tersebut. Kemampuan ini sangat unik karena hanya dengan kita mengenal seseorang, kita sudah mampu untuk berpikir dengan cara mereka.

Seseorang menghabiskan setengah dari jam terjaga mereka untuk melamun. Jika kamu bisa melatih dirimu sendiri ketika sedang melamun untuk merenungkan apa yang sedang orang lain pikirkan atau rasakan, maka kamu akan mampu untuk mengubah interaksimu dengan orang lain dan membuat kesempatan baik untuk meningkatkan komunikasi dan hubungan antar manusia.

Riset membuktikan bahwa melamun adalah salah satu jenis hipnotis tingkat rendah. Pernah nggak sih merasa ketika sudah berhenti melamun, kita akan merasa tingkat stres kita berkurang? Yang berarti melamun juga menunjukkan dampak positif bagi kesehatanmu. Bukan itu saja, melamun juga mampu untuk membuat tidurmu lebih nyenyak, dan menghindarkan dirimu dari mimpi buruk.


Ternyata Ini Manfaat Luar Biasa Kalau Orang Melamun

Hampir semua orang di dunia ini pasti pernah melakukan yang namanya melamun, baik itu disengaja maupun tidak. Tapi apakah hal ini merupakan hal yang baik? Para peneliti berpendapat bahwa ketika kita melamun itu berarti kita memiliki kemampuan otak yang lebih baik jika dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah melamun dan ini hanyalah satu dari banyaknya manfaat luar biasa kalau orang melamun.

Dalam bahasa Inggris, melamun sering disebut dengan working memory dan merupakan sebuah kegiatan yang disinyalir mampu membuat otak bekerja lebih baik dibanding sebelumnya, atau secara singkat dan lebih mudah bisa dibilang bahwa melamun adalah proses olahraga yang dilakukan khusus oleh otak kita.

Melamun sebagai olah raga otak dinilai mampu mempertajam daya ingat seseorang, dibandingkan dengan orang-orang yang tidak pernah melamun. Hal ini disebabkan karena ketika seseorang melamun, mereka biasanya akan mencoba untuk mengingat kembali hal-hal yang pernah terjadi pada mereka di masa lalu.

Terkadang orang-orang membawa hal ini ke titik yang lebih ekstrim, dimana yang mereka ingat bukan hanya kejadian tapi juga secara spesifik detil-detil lokasi hingga suasana dari sebuah kejadi. Ini manfaat luar biasa kalau orang melamun yang paling pertama dan paling sering dibangga-banggakan oleh orang-orang.

Keuntungan kedua yang bisa didapat ketika seseorang melamun adalah biasanya mereka akan tumbuh menjadi pribadi yang kreatif. Keuntungan ini telah diteliti oleh Levinson Daniel, seorang professional yang mendalami bidang kesehatan otak.

Mengapa manfaat melamun yang satu ini bisa terjadi? Ternyata hal ini dikarenakan ketika kita melamun maka biasanya akan banyak ide-ide kreatif yang bermunculan di dalam kepala kita. Karena itu, sebenarnya tidak ada salahnya kita melamun dengan berbagai macam imajinasi kita.

Keuntungan lain dari sering melamun adalah kita akan mencjadi lebih fokus. Hal ini memang belum terbukti secara kuat, tapi diprediksi bahwa karena kita sering melatih otak kita maka ia akan menjadi semakin terbiasa untuk memfokuskan dirinya pada satu hal.


Manfaat Luar Biasa Orang Melamun, Tapi Bagaimana Agar Menjadi Semangat untuk Melamun?

Mungkin kalian yang tidak biasa melamun akan mulai mencoba untuk melamun, tapi bingung bagaimana cara melamum yang bikin semangat karena hal ini tidak ditemukan di buku teks manapun.

Ternyata cara paling mudah untuk menjadi semangat ketika kita melamun adalah dengan mencapai sebuah kondisi kesantaian. Pastikan bahwa saat kita melamun, kita terbebas dari gangguan luar seperti misalnya musik-musik keras atau lainnya. Ketika titik inilah kita biasanya mulai bisa melamun, berpikir secara matang, dan mulai mengimajinasikan hal-hal yang mungkin agak sulit dilakukan di dunia nyata.

Meskipun memang ternyata melamun memiliki banyak manfaat yang luar biasa, kita tidak boleh terus-terusan melamun hingga lupa diri dan situasi yang ada di sekitar kita. Sebisa mungkin, jadikan melamun sebagai sarana agar kita melakukan segala sesuatu lebih baik.

Satu alasan untuk mengatakan bahwa melamun adaah kegiatan yang menyehatkan adalah karena dengan melamun kamu akan membuat dirimu sendiri untuk lebih imajinatif, ceria, dan bahagia. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua melamun itu sama saja. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari melamun, cobalah untuk lebih membebaskan pikiran dan biarkan imajinasimu berkelana. Namun ketika kamu telah kembali ke alam sadar, usahakan untuk tetap mampu memilah antara apa yang selama ini menjadi bayangan dan apa yang selama ini menjadi kenyataan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar