Minggu, 03 Januari 2016

Bertemu Penampakan Menyerupai Keluarga Sendiri, Kamu Pernah Mengalaminya ?

Ada banyak kejadian mistis yang kadang tak kita sadari menghampiri kita. Dan yang lebih bikin merinding lagi adalah ketika hal itu terjadi sangat dekat dengan kita, di rumah kita sendiri.

Seorang sahabat pernah menceritakan pengalaman unik dan mistisnya yang membuat ia selama-lamanya akan mengunci pintu sebelum tidur. Hal ini terjadi karena pada malam hari sebelumnya, saat ia pulang kemalaman karena baru nonton bioskop. Saat akan tidur, ia mengaku kalau kakaknya masuk ke kamar untuk pinjam selimut.

Namun sebuah kejutan aneh ia dapati keesokan harinya. Saat ia melihat kamar kakaknya untuk mengambil selimut, ternyata kakaknya tak ada di sana dan kamar itu sangat rapi. Hanya selimutnya terlipat dengan baik di kasur. Ia pun bertanya pada ibunya dengan santai, "Kakak ke mana, Bu? Berangkat pagi?"

Ternyata sang ibu menjawab, "Lho, kan sejak maghrib kemarin kakakmu nggak di rumah. Dia ada kegiatan di kampus sampai lusa," begitu katanya. Sahabat Vemale ini kaget, ia mengira ibunya bercanda dan ternyata si ibu bilang bahwa ia tak sedang bercanda.

Bahkan ibunya sendiri yang mengantar kakaknya pamit sampai gerbang dan merapikan kamarnya. Sahabat Vemale melongo, "Jadi siapa yang pinjam selimutku semalam, Bu? Semalam ada kakak pinjam selimut," tanyanya sambil bulu kuduknya berdiri.

Ia dan ibunya saling pandang. Tak lama ibunya mengalihkan perhatiannya dan menyuruh Sahabat Vemale ini untuk tidak pulang kemalaman, mengunci pintu sebelum tidur dan banyak berdoa.

Mungkin beberapa di antara Anda pernah mengalami hal serupa, di mana Anda bertemu dengan anggota keluarga di rumah, ternyata mereka mengaku tak menemui Anda. Hal misterius seperti ini banyak terjadi meski (beruntungnya) sosok misterius itu tak membuat kita ketakutan.

Hanya after effectnya yang akan membuat kita lebih hati-hati. Konon hal seperti ini menandakan agar kita lebih waspada atau mengingatkan kita supaya tidak sembrono dan malas-malasan. Benar atau tidak? Well, itu semua masih menjadi mitos. Yang pasti, bila ada hikmahnya, ambil sisi positifnya saja.

Dalam tidur, kadang kita bermimpi bertemu dengan orang yang sudah meninggal baik kita sadari ketika masih dalam mimpi atau ketika sudah bangun. Itu adalah bunga tidur karena ingatan masa lalu. Ada pengalaman kita bermimpi bertemu dengan orang tua yang sudah meninggal ketika kita masih kecil, dan kita merasa senang. Ada kejadian kita bermimpi bertemu dengan saudara, teman atau tetangga yang sudah meninggal. Itu semua adalah bagian ingatan masa lalu yang kadang muncul di dalam mimpi seperti halnya kita bermimpi masih berkumpul dengan semua keluarga di rumah masa kecil.
Tetapi sebaliknya ada mimpi yang memperlihatkan orang-orang yang kita kasihi meninggal, dan kita merasa sedih. Itu tidak perlu dimasukkan ke dalam hati dan menjadi pikiran yang berat karena umur manusia dan kematian, Tuhan sendiri yang menentukan. Jika bangun dan merasa sedih, kita bisa segera mendoakan orang-orang yang kita kasihi.
Mengenai mimpi salah satu dari kedua orang tua , baik itu Ayah atau Ibu meninggal . Ada beberapa tafsiran dari mimpi tersebut yang sudah saya kumpulkan sejak lama . Pengumpulan data tafsiran mimpi ini saya kumpulkan melalui tanya jawab saya dengan orang-orang yang selama ini saya jumpai .

Ada beberapa tafsiran atau makna dari mimpi ayah atau ibu meninggal . antara lain :

1. Panjang Umur

Mungkin selama ini anda sering mendengar tafsiran ini . Panjang umur adalah makna dari mimpi orang tua kita meninggal dunia . Tafsiran ini dibuat berdasarkan sifat mimpi yang bermakna terbalik . Misalnya anda bermimpi bertemu uang , maka maknanya adalah anda akan bersiap-siap untuk mengeluarkan dana banyak . Jadi sifat mimpi yang bermakna terbalik ini saya yakini sebagai dasar orang-orang pada umumnya menafsirkan mimpi tersebut.

2. Kesalahan Terhadap Orang Tua

Saat anda bermimpi kalau orang tua anda meninggal . Rasa tangis yang teramat pedih dan mendalam mungkin anda rasakan . Mimpi adalah kejadian alam bawah sadar yang menggunakan indra penglihatan , pendengaran , bahkan hati dan persaan . Bisa jadi mimpi ini adalah teguran dari ALLAH SWT bahwasanya anda memiliki banyak kesalahan terhadap orang tua anda . Orang-orang yang mendapatkan mimpi ini biasanya merasa beruntung . Dan jika orang yang mendapatkan mimpi ini benar-benar meresapi mimpinya , bisa jadi orang tersebut bisa berubah kearah yang lebih baik guna untuk menyenangkan hati orang tuanya .

3. Rasa Sayang Kepada Orang Tua

Orang yang mendapatkan mimpi ini bisa ditafsirkan bahwa ia memiliki rasa sayang yang teramat dalam kepada orang tuanya . Walaupun tidak terlihat , orang-orang seperti ini biasanya menanamkan sesuatu didalam hatinya untuk bisa menyenangkan kedua orang tuanya . Ketakutan terbesar orang-orang yang seperti ini adalah ketika kedua orang tua meninggal tetapi ia belum juga bisa menyenangkan hati kedua orang tuanya .

Jadikan mimpi yang demikian sebagai cerminan bagi kita untuk lebih berbakti kepada kedua orang tua yang sudah membesarkan kita sebelum waktu itu benar-benar tiba.

Mimpi bertemu orang yang sudah meninggal apakah memang bertemu dengan rohnya atau hanya sekedar bunga tidur?
Maka bertemunya antara roh orang yang sudah meninggal dengan orang yang masih hidup itu bisa terjadi namun lewat mimpi. Namun bukan berarti semua mimpi bertemu orang yang sudah meninggal pasti orang tersebut, bisa juga tidak. Mimpi itu juga perlu di cek apakah benar atau tidak. Misalnya kalau dalam mimpi tersebut bertemu orang yang sudah meninggal namun disuruh melakukan sesuatu yang bertentangan dengan syari’at Islam, maka itu perlu diwaspadai. Kalau hanya bertemu saja (tanpa ada makna), katanya dia lagi minta dido’akan.
Bagi sebagian orang ada yang menjadikan mimpi bertemu orang yang sudah meninggal merupakan sesuatu hal yang dikhawatirkan. Ada anggapan sebentar lagi juga mau nyusul (meninggal). Tapi ada juga yang mimpi bertemu orang yang sudah meninggal dan dia senang dengan mimpi tersebut, bisa ngobrol atau memberi suatu pesan atau makna. Jika bermimpi bertemu orang yang sudah meninggal dan itu membuatnya takut, maka berlindunglah kepada Allah lalu do’akan orang yang meninggal tersebut. Tapi jika dengan mimpi tersebut kita menjadi senang dan diberi kabar tertentu, maka bersyukurlah karena itu adalah kabar baik yang datangnya dari Allah (dalilnya di bawah).
Orang yang sudah meninggal ia bisa hadir di dalam mimpi untuk memberi kabar atau memberi tahu sesuatu. Misal ada hutang yang belum dibayar, wasiat yang belum tersampaikan atau bahkan memberi tahu amalan-amalan yang tidak diketahui orang-orang lain sebelum meninggal. Misal, orang-orang di sekitarnya nggak tahu kalau orang yang sudah meninggal ini sering berdzikir dalam hatinya sewaktu hidupnya. Dan orang-orang yang ada di sekitarnya menganggap bahwa amalan-amalan orang yang sudah meninggal ini biasa-biasa saja. Bisa tuh pas dalam mimpi orang yang sudah meninggal ini memberikan kabar tentang keadaannya di alamnya dan memberi tahu amalan-amalan yang dilakukannya yang tidak diketahui orang-orang di sekitarnya.
Hal ini bukanlah sesuatu yang aneh karena hal-hal seperti ini pun juga terjadi pada zaman para sahabat nabi. Dan para ulama seperti Ibnu Qayyim dalam bukunya Ar Ruh juga banyak menjelaskan tentang hal ini. Mimpi itu bisa mimpi buruk, itu hanya permainan syetan. Mimpi biasa yang tiada makna, datangnya dari  fikirannya sendiri. Dan juga mimpi kabar baik dan itu datangnya dari Allah. Mimpi itu seringkali mempunyai pesan. Bisa pesan langsung, bisa juga berupa perumpamaan-perumpamaan.
Mimpi itu akan semakin mendekati kebenaran jika orang yang bermimpi tersebut dalam kesehariannya selalu berperilaku jujur. Mimpi itu juga semakin mendekati kebenaran jika sebelum tidur wudhu dulu, berdo’a dan banyak dzikir sehingga selama tidurnya dijaga secara khusus oleh Allah. Mimpi itu juga semakin mendekati kebenaran jika dalam kesehariaannya selalu mengingat Allah, tidak menuhankan apapun dan siapapun kecuali Allah.
Sebenarnya mimpi bertemu orang meninggal hal tersebut bisa jadi benar dan memungkinkan. Tetapi nggak selamanya mimpi tersebut bersifat haq (benar). Apalagi jika mimpi buruk, maka abaikanlah dan mohon perlindungan kepada Allah.
Jika mimpinya seperti kejadian biasanya, biasanya hanya karena “distorsi” mimpi kita aja yang dipengaruhi pengalaman-pengalaman hidup kita sebelumnya dan hal tersebut hanya bunga tidur.
Jika mimpinya memberi pesan kebaikan, cukup ambil hikmahnya lalu berbuat sebaik mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar