Minggu, 10 Januari 2016

Tetap Sehat di Tempat Kerja

Tak jarang orang yang lupa waktu ketika sedang melakukan aktivitas menyenangkan, termasuk juga ketika kita merasakan asiknya bekerja. Hingga pada akhirnya, tidak sedikit orang yang melupakan kesehatan.
Walaupun sedang bekerja, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh, salah satu caranya yang paling mudah adalah dengan mengistirahatkan tubuh sejenak. Tidak hanya itu saja, minum air putih, mengurangi minum kopi hingga berhenti untuk tidak makan di meja kerja juga bisa menjadi cara sederhana dan mudah untuk dilakukan untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh di tempat kerja. Berikut adalah ulasan lengkap mengenai tips tetap sehat di tempat kerja, seperti yang dikutip dari lamanMagforwomen:
1. Istirahat sejenak
Tidak jarang seseorang diharuskan untuk terus duduk bekerja dan fokus hingga berjam-jam lamanya. Karena itu, bila anda termasuk salah satu diantaranya, maka ambillah waktu istirahat sejenak. Saat istirahat tersebut, anda bisa melakukan kegiatan ringan seperti berjalan ke kantin, toilet, atau mungkin keliling ke beberapa ruangan lain. Cara ini akan membuat tubuh Anda tetap bergerak dan aliran darah pun akan mengalir dengan lancar.
2. Jangan makan di meja kerja
Mungkin anda tak pernah berfikir bahwa ada hubunganya antara makan di meja kerja dengan kondisi kesehatan tubuh. Namun tanpa anda sadari, kebiasaan makan di meja kerja sangatlah tidak baik. Selain bisa menambah berat badan, makan atau ngemil di meja kerja juga bisa membuat anda lepas kontrol tentang berapa porsi makanan yang sudah anda konsumsi.
3. Perbanyak minum air putih
Kira tahu bahwa ada banyak sekali yang bisa didapat dari kebiasaan minum banyak air putih, termasuk juga saat sedang bekerja. Dengan minum banyak air putih, apalagi bila bekerja di ruang ber-AC, ini akan membantu mencegah tubuh mengalami dehidrasi serta melancarkan peredaran darah ke otak sehingga anda bisa tetap fokus bekerja. Karena itu, minumlah air putih sebelum anda benar-benar haus.
4. Lakukan olahraga ringan
Pada umumnya, para pekerja sering kali melupakan olahraga. Padahal, olahraga sangat baik bagi kesehatan tubuh. Bekerja bukanlah alasan untuk tidak berolahraga. Tidak harus olahraga berat, cukup lakukan olahraga ringan ditengah-tengah menyelesaikan pekerjaan, misalnya dengan melakukan peregangan otot serta membiarkan tubuh Anda rileks, jalan melalui tangga atau bisa juga jalan-jalan sebentar melihat pemandangan taman kantor.
5. Kurangi minum kopi
Pekerja keras biasanya identik dengan kopi. Minum kopi biasanya dilakukan untuk memberikan energi baru serta untuk mengurangi rasa mengantuk. Tapi perlu diwaspadai juga, karena kecanduan kafein tentunya sangatlah tidak baik untuk kesehatan tubuh. Karena itu, jangan berlebihan dalam mengonsumsi kopi, minumlah secukupnya saja dengan diimbangi dengan banyak minum air putih
Hampir sebagian besar waktu kita dihabiskan di kantor. Tetapi, tahukah Anda bahwa lingkungan kantor juga bisa menyebabkan kita gampang sakit, selain karena tingkat stres yang tinggi. Ada beberapa kiat yang dapat dilakukan agar kita tetap sehat dan produktif selama bekerja.

Menaruh tanaman
Perabot kantor dapat memancarkan senyawa organik volatil (VOC) yang berasal dari pemakaian bahan kimia selama proses pembuatan furnitur. Hal ini dapat mencemari udara yang kita hirup.

Meletakkan pot kecil berisi tanaman di kantor dapat mengurangi polusi udara di dalam ruangan kerja. Menurut  B.C "Bill" Wolverton, PHD peneliti dan penulis "Plants: Why You Can't Live Without Them, senyawa VOC akan dihancurkan oleh daun tanaman dan dipecah oleh organisme kecil yang hidup di dalam dan di sekitar sistem akar.

"Tanaman juga menghilangkan ion negatif yang bisa menghadirkan eforia kesenangan kepada kita," kata Wolverton.  Jangan sembarangan memilih tanaman untuk ditempatkan di kantor Anda. Tanaman seperti lili perdamaian, lidah mertua dan sirih gading lebih disarankan.

Melihat arah lain
Menatap layar komputer seharian mudah menyebabkan mata menjadi tegang, lelah dan kering, yang sering disebut para ahli sebagai computer vision syndrome(CVS). Mata pun terasa tidak nyaman setelah menapat komputer terlalu lama.

Kondisi CVS dialami sekitar 40 persen pekerja. Gejala tersebut sebenarnya bisa kita kurangi dengan aturan 20-20-20, yakni setiap 20 menit, lihatlah sesuatu yang berjarak 20 kaki di depan kita selama 20 detik.

Ganti peralatan kerja
Jika Anda sering merasakan pergelangan tangan, lengan bahkan siku sakit, Anda tidak sendirian. Rasa tidak nyaman di sekitar lengan dan siku merupakan keluhan umum di kalangan pengguna komputer.

Dua penyebab keluhan itu biasanya karena mouse dan keyboard tradisional yang Anda pakai. Perangkat kerja ini membuat bagian tubuh berada di posisi yang tidak alami.

Jika Anda setiap hari menghabiskan sebagian besar waktu untuk mengetik di depan komputer, tak ada salahnya mengganti mouse atau keyboard Anda yang lebih baik sehingga nyaman bagi sendi.

Siasati printer
Mesin fotokopi dan printer dapat melepaskan partikel-partikel yang bisa menyebabkan peradangan saluran napas bagian atas dan masalah lainnya, terutama bagi penderita asma atau kondisi pernafasan kronis lainnya.

Jika memungkinkan, kurangi mencetak dokumen melalui printer atau memakai mesin fotokopi. Apalagi saat ini hampir semua dokumen bisa dikirimkan secara digital.

Bila Anda harus mencetak banyak dokumen, Peter Gaines, pakar bidang bioteknologi, menyarankan untuk menunggu minimal 30 menit sebelum mendekati dokumen tersebut sampai konsentrasi partikel dari kertas turun.

Bersihkan keyboard
Luangkan waktu setidaknya seminggu sekali untuk membersihkan keyboard Anda. Penelitian dari University of Arizona dan Kimberly-Clark menemukan bahwa keyboard menjadi salah satu barang dengan permukaan paling kotor di kantor.

Jaga hubungan baik
Selain gaji dan jenjang karier, hubungan yang baik dengan kolega kerja sangat menentukan apakah kita akan betah atau tidak di suatu kantor.

Pajang foto pribadi
Beri sedikit sentuhan pribadi di meja kerja Anda, misalnya dengan memajang foto orang tercinta, keluarga, atau foto Anda sedang berlibur. Memandang foto tersebut di sela kesibukan kerja sangat efektif meningkatkan kembali semangat kerja.

Kesibukan bekerja sering menjadi alasan mengapa orang gampang sakit. Padahal ada banyak cara sederhana yang bisa dilakukan agar tetap sehat sambil tetap menjaga produktivitas. Jadi meskipun Anda terkurung di kubikel atau tetap berada di depan layar monitor, Anda tetap bisa menjauh dari penyakit. Berikut beberapa tipsnya.
Sering cuci tangan
Mencuci tangan merupakan langkah pertama dalam mencegah penyakit. Seperti yang dikatakan iklan, banyak orang yang tidak mencuci tangan mereka dengan benar. Cuci tangan Anda sebelum makan, setelah keluar dari kamar kecil, dan setelah batuk atau bersin.
Jaga kebersihan meja
Tahukah Anda bahwa meja kerja Anda memiliki lebih banyak kuman dibanding toilet duduk? Jaga kebersihan dan kerapian meja kerja Anda. Setelah selesai jam kerja, sempatkan waktu 5 menit untuk merapikan meja. Siapkan tisu basah anti-kuman di meja Anda dan sering bersihkan permukaan meja dengan dengan tisu tersebut.
Minum banyak air
Menjaga agar diri tidak dehidrasi penting bagi produktivitas, energi, dan kesehatan secara keseluruhan. Air putih membuat tubuh selalu awas dan segar, serta medorong pemikiran yang jernih. Bawa botol air minum ukuran besar sendiri yang bisa diisi ulang dan selalu letakkan di samping meja kerja Anda.
Siapkan hand sanitizer
Sering mencuci tangan memang baik. Namun ada kalanya kita tidak bisa meninggalkan meja kita hanya untuk ke keran cuci tangan karena kesibukan pekerjaan. Karena itu siapkan sabun hand sanitizer di meja Anda jika sewaktu-waktu Anda batuk atau bersin.
Hindari rekan kerja yang sakit
Jika ada rekan kerja yang sedang tidak enak badan, batasi berinteraksi dengannya. Cuci tangan atau gunakan hand sanitizer setelah berinteraksi dengan kawan yang jelas-jelas terkena flu.
Makan makanan sehat saat makan siang
Makan siang penting untuk mengisi energi saat bekerja. Membawa bekal sendiri menjadi pilihan terbaik dibandingkan makan di luar. Selain lebih higienis, Anda juga bisa menentukan sendiri menu serta kandungan gizinya. Akan lebih baik jika Anda merencanakan makan siang selama seminggu. Jangan lupa kombinasikan protein, sayuran, dan buah-buahan.
Istirahat sejenak untuk mencari udara segar dan sinar matahari
Terlalu lama berada di dalam ruangan tentu tidak baik untuk tubuh. Keluar sejenak di bawah sinar matahari untuk mendapat asupan vitamin D dari matahari. Ambil waktu beberapa menit di sela kesibukan. Selain bermanfaat untuk tubuh, kegiatan ini juga bisa meredakan stress setelah seharian di dalam ruangan yang sibuk.
Makan cemilan sehat
Selain makan siang yang sehat, siapkan juga cemilan untuk antisipasi jika lapar menyerang. Mengisi perut di antara jam makan siang bisa membuat gula darah turun. Makan cemilan ringan yang menyehatkan seperti buah-buahan atau yoghurt setiap 2 atau 3 jam untuk menjaga energi Anda tetap penuh.
Batasi kafein
Kopi tentu membuat kita tetap segar selama bekerja. Namun tetap batasi asupannya. Batasi kopi hingga 1 cangkir setiap pagi.
Atur manajemen stress
Pola kerja yang sibuk dan sangat cepat sering memicu stress. Untuk tetap dapat bekerja secara efektif dan sehat atur tingkat stress Anda. Melakukan hobi dan menghabiskan waktu bersama keluarga di saat akhir pekan dapat membuat Anda tetap segar sepanjang minggu.
Menatap komputer lebih dari 10 jam memang tidaklah mudah, hal ini akan membuat seseorang kehilangan kebugarannya, karena terlalu lama duduk menatap layar monitor akan membuat tubuh merasa lelah. Untuk anda yang sedang mengalami hal ini, tidak perlu merasa khawatir lagi karena ada jalan untuk menghindari masalah ini. Berikut merupakan tips sederhana yang akan bisa membuat anda tetap sehat dan bugar meskipun anda akan lama di tempat kerja.
1.Hindar Camilan
Mengonsumsi camilan boleh saja anda lakukan di antara jam makan utama, namun anda juga harus pastikan agar mengonsumsi camilan yang sehat dan juga menyeimbangkan aktifitas anda di kantor, karena pada saat anda dikantor, tubuh akan sedikit dalam melakukan gerak, oleh karena itu anda harus menyediakan camilan yang sehat, seperti buah atau yogurt yang rendah lemak. Dengan begitu, tubuh anda akan tetap bugar dan sehat saat sedang bekerja.
2. Curi Waktu Untuk Peregangan
Intensitas pekerjaan yang selalu memaksa anda untuk tetap duduk lebih lama, akan membuat tubuh anda merasa kaku, untuk mengatasi hal ini, anda bisa mengambil beberapa waktu untuk melakukan peregangan, anda juga bisa melakukannya untuk berjalan kaki sebentar atau bisa mengambil waktu untuk tidur siang.
3. Gunakan Tangga
Pada saat anda sedang dikejar waktu, sebaiknya anda menggunakan tangga dari pada harus menunggu antrean naik ke lift, yang akan membuat anda menjadi stres. Dengan menggunakan tangga maka jelas akan bisa menyehatkan anda dibandingakn dengan naik lift.
4. Latihan Pernapasan
Pada saat anda sedang bekerja, tentu sebagian banyak waktu anda akan dihabiskan duduk di kursi, nah anda juga bisa melakukan peregangan sederhana. Termasuk latihan pernapasan yang bisa anda pelajari sendiri dari internet.

Beberapa cara diatas harus anda lakukan agar bisa membuat tubuh anda tetap sehat saat sedang bekerja, terlalu banyak duduk di depan komputer juga tidak menyehatkan anda, maka dengan tips di atas anda bisa tetap sehat dan bugar walaupun waktu anda akan banyak dihabiskan di depan layar komputer.

1 komentar:

  1. B O L A V I T A Bandar Resmi Taruhan Online Indonesia
    Kunjungi Website Kami www.bolavita.vip Sekarang Juga.

    Menyediakan Banyak Permainan Online Yang Sangat Disukai Dikalangan Player Di Indonesia. Diantaranya :
    - Sabung Ayam
    - Casino
    - Bolatangkas
    - Taruhan Bola / Sportsbook
    - Poker, Kiu-Kiu, Ceme
    - Tembak ikan
    - Slot Game
    - Togel online SGP / HK / KL

    Klik ==> ANGKA MAIN HARI INI

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kontak CS Kami (Online 24jam)
    WA: 0812-2222-995
    BBM: BOLAVITA
    WeChat: BOLAVITA
    Line : cs_bolavita

    BalasHapus