Minggu, 03 Januari 2016

Olahraga Berlebihan Buat Wanita Semakin Gemuk

Gaya hidup sehat yang semakin digemari dewasa ini, membuat sejumlah wanita kian gandrung menjalani olah tubuh, seperti jogging, aerobik, yoga, zumba, dan sebagainya. Tren ini pun membuat kehadiran pusat kebugaran modern semakin menggurita, terutama di wilayah Jakarta.

Memang benar, olahraga merupakan salah satu syarat bagi Anda yang tengah menjalani program penurunan berat badan. Namun, menurut situs gaya hidup, Boldsky, memforsir tubuh untuk latihan setiap hari, ternyata bisa mengakibatkan program pelangsingan gagal total.



Sebenarnya, apa saja sih faktor yang membuat target diet berjalan tersendat? Berikut uraiannya:

  • Kurang tidur
Gallup pernah melakukan jajak pendapat yang menyatakan bahwa 40 persen orang mengalami kurang tidur. Waktu tidur yang disarankan selama delapan jam, prakteknya banyak orang hanya tertidur selama kurang dari tujuh jam setiap hari.

Sering kurang tidur membuat mata, hormon kortisol, dan gula darah tidak beristirahat dengan maksimal. Selain itu, bisa memicu kadar insulin naik sehingga membuat Anda lapar saat tengah malam. Akhirnya, terjadilah resistensi insulin yang membuat tubuh menyimpan lemak lebih banyak.

  • Olahraga berlebihan
Sejumlah wanita yang berambisi menurunkan berat badan dalam waktu singkat, cenderung memilih meningkatkan porsi latihan. Ini membuat tubuh jadi superlelah dan menimbulkan rasa lapar yang mendera. Kondisi yang demikian akhirnya menyebabkan Anda makan dengan porsi yang lebih banyak.

Oleh sebab itu, para pakar menyarankan agar porsi latihan dan jumlah asupan kalori diseimbangkan. Tujuannya supaya pembakaran lemak saat sedang berolahraga bekerja proporsional sesuai dengan kalori yang telah Anda konsumsi.

  • Diet wanita Perancis
Seperti kita ketahui bahwa rahasia langsing para wanita kapital mode, Perancis, adalah makan dalam poris kecil setiap dua hingga tiga jam sekali. Sebenarnya, diet ini relatif mujarab untuk menyeimbangkan kadar gula, tetapi jika jenis makanan yang Anda konsumsi tinggi kandungan gula dan lemak, maka semua upaya diet Anda bakal berakhir sia-sia.

Tentunya selain manusia perlu makan dan tidur, maka aktifitas olahraga juga termasuk dari kebutuhan manusia yang cukup penting. Kegunaan dari berolahraga tubuh ini tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan fisik semata, bahkan olahraga juga dapat memberikan pengaruh yang positif bagi kesehatan psikologis dan mental seseorang, dimana orang yang berolahraga dirinya akan terangsang untuk merasakan diri yang senang dan bahagia.

Dengan begitu maka olahraga menjadi bagian yang sangat penting dari aktifitas sehari-hari, sehingga tampaknya kita juga harus benar-benar memahami akan pentingnya tubuh yang sehat. Dan walaupun kita sudah menyadari tentang pentingnya melakukan aktifitas olahraga, akan tetapi kita juga perlu mengetahui bahwa melakukan olahraga secara berlebihan bukanlah sesuatu yang baik dilakukan, apalagi sampai sangat sering dilakukan, justru olahraga yang berlebihan dapat membahayakan kondisi tubuh, dan juga mental.

Hal itu mungkin karena saking antusiasnya untuk rajin berolahraga, akan tetapi ternyata melakukannya dengan berlebihan, karena orang yang seperti ini mungkin berpikir bahwa dengan semakin sering dan banyaknya melakukan aktifitas berolahraga maka akan semakin baik dan membuat tubuh semakin sehat, padahal hal ini tidaklah benar, karena  olahraga dapat mengakibatkan dampak yang tidak baik untuk kesehatan seperti justru mengalami cedera pada otot bahkan hingga patah tulang.

Termasuk hal seperti ini mengakibatkan kelelahan yang berlebihan dan juga mengakibatkan stres serta hal buruk lainnya. Orang yang sangat beresiko tinggi dalam berolahraga secara berlebihan umumnya yaitu orang yang mempunyai masalah dengan berat badan yang berlebih, sehingga karena ingin cepat kurus misalnya, maka melakukan olahraga yang diluar kemampuannya, yang tentunya ini tidak baik.

Kapan olahraga dikatakan berlebihan?
Olahraga dapat dikatakan berlebihan jika dilakukan terlalu sering, dengan berkali-kali dalam sehari, seperti lebih dari dua kali. Demikian juga jika olahraga dilakukan dengan terlalu lama, hingga berjam-jam dalam setiap harinya, maka ini juga tidak baik. Dan sebagai ukuran yang pasti dari orang yang berlebihan dalam berolahraga, yaitu melakukan olahraga dengan melebihi batas kemampuan tubuhnya, sehingga olahraga tersebut justru berdampak buruk untuk tubuh.

Kamu sebenarnya dapat melakukan olahraga setiap harinya, tetapi direkomendasikan waktu berolahraga untuk setiap harinya adalah 30-50 menit, ukuran seperti ini masih tergolong normal, bahkan sangat baik dilakukan. Adapun olahraga yang dapat Kamu lakukan seperti aerobik, lari, jogging bersepeda, berenang, dan lainnya.

Tanda seseorang yang sudah berlebihan berolahraga
  1. Akan mengalami kelelahan ketika melakukan suatu aktifitas, hal itu karena tubuh yang terlalu dipaksanya untuk berolahraga, atau berolahraga secara berlebihan sehingga mengakibatkan waktu agar tubuh dapat pulih kembali menjadi sangat lama.
  2. Tubuh bukannya bertambah bugar, malah justru tampak mengalami jiwa yang tidak semangat, dan terlihat tidak bertenaga dan mudah lelah.
  3. Orang yang kecanduan berolahraga (secara berlebihan) maka secara psikologis akan mengalami rasa selalu bersalah jika tidak berolahraga.
  4. Terlihat memaksakan diri untuk olahraga yang berat, padahal sudah dalam keadaan lelah dan bahkan sudah mengalami pegal-pegal atau bahkan nyeri otot.
  5. Mengalami cedera atau nyeri otot dalam waktu yang terlalu lama.
  6. Jika pada wanita, maka mengalami gangguan menstruasi.
  7. Mengalami susah tidur.
  8. Peningkatan denyut jantung yang secara berlebihan ketika dalam keadaan normal, ini tidaklah baik.
  9. Sering mengalami sakit kepala.
  10. Mood menjadi gampang berubah, dan juga suka emosian.
  11. Nafsu makan menjadi menurun terlalu parah.

Bahaya / dampak dari akibat olahraga secara berlebihan
Olahraga yang dilakukan dengan berlebihan, selain mengakibatkan tubuh nyeri atau bahkan sampai cedera fisik dan otot, juga dapat mengakibatkan terjadinya dehidrasi pada tubuh, mengalami insomnia, depresi, rasa lelah yang berlebihan dan juga dalam waktu terlalu lama, sehingga akan mengganggu aktifitas Kamu jadinya.  Berikut di bawah ini penjelasannya secara lengkap.

1.  Cedera
Ini tentu sudah pasti, berolahraga secara berlebihan akan membuat tubuh menjadi kelelahan yang berlebihan, sehingga kita jadinya akan sangat mudah mengalami cedera. Yang paling berbahaya adalah sampai pada taraf tubuh keseleo hingga patah tulang. Atau minimalnya akan membuat tubuh menjadi nyeri otot, sehingga olahraga yang tujuannya menguatkan tubuh justru malah membuat kondisi tubuh menjadi buruk..

2.  Beresiko Gagal Jantung
Kelelahan karena olahraga yang berlebihan juga bisa membuat jantung menjadi lemah, sehingga dapat meningkatkan resiko kerusakan pada jantung, untuk itu cukupi nutrisi sehari-hari Kamu.

3.  Sistem Kekebalan Tubuh menurun
Ketika tidur sebenarnya secara otomatis tubuh akan menjadi pulih kembali, akan tetapi jika Kamu olahraga terlalu lama maka mengakibatkan waktu beristirahat berkurang, disamping juga tubuh menjadi sangat lelah, sehingga dengan begitu sistem kekebalan tubuh juga menjadi melemah. Kamu dapat sangat mudah untuk terserang penyakit seperti batuk, nyeri kepala, demam, dan penyakit lainnya.

4.  Gangguan Menstruasi
Melakukan olahraga secara berlebihan juga menyebabkan berkurangnya lemak tubuh yang terlalu banyak. Apabila masalah seperti ini dialami oleh wanita, maka akan memberikan resiko gangguan menstruasi, dan jika hal seperti ini berlangsung dalam jangka waktu yang sangat lama maka akan dapat beresiko kemandulan pada wanita.

5. Mengakibatkan pelepasan radikal bebas (zat anti radikal)
Terlalu lama olahraga juga dapat mengakibatkan terjadinya pelepasan radikal bebas yang terjadi secara berlebihan, sehingga dengan begitu sangat berbahaya karena dapat meningkatkan resiko mutasi gen dan kanker.

6.  Mengalami sulit tidur
Jika kita berolahraga maka sangat bermanfaat agar kita dapat tidur lebih nyenyak, tetapi jika melakukan olahraga secara berlebihan justru akan membuat insomnia, atau sulit tidur, karena tubuh mengalami stress, serta menyebabkan pengeluaran kortisol, sehingga menjadi sulit untuk rileks yang membuat Kamu tidak dapat tidur.

7.  Depresi
Olahraga secara berlebihan tentu akan mengakibatkan depresi. Berbeda jika berolahraga dilakukan secara normal maka akan membuat kita menjadi lebih percaya diri, tetapi jika berolahraga berlebihan maka akan membuat kita menjadi sangat kelelahan, baik itu fisik maupun psikologis sehingga membuat orang tersebut mengalami depresi.

8. Gangguan hubungan dengan orang lain
Point kedelapan ini juga tentu dapat saja terjadi, karena orang yang kecanduan untuk berolahraga maka waktunya habis untuk itu saja, sehingga membuatnya terisolasi dari keluarga bahkan teman-temannya, seperti tidak mau untuk menghadiri suatu acara atau undangan karena sangat ingin berolahraga. Sehingga walaupun Kamu memang orang yang rutin berolahraga tetapi sempatkan waktu untuk bersosialisasi dengan keluarga dan juga teman-teman.

9.  Gangguan Pekerjaan, sekolah dan aktifitas lainnya
Olahraga yang secara berlebihan mengakibatkan tubuh menjadi mudah lelah dan emosi tidak stabil, sehingga dapat membuat kita sulit berkonsentrasi baik dalam pekerjaan maupun tugas sekolah. Sebuah penelitian baru-baru ini menyatakan bahwa latihan ketahanan seperti marathon mengakibatkan kerusakan jantung dan ketidaknormalan pada ritme jantung. Batasan aman untuk berlatih marathon yaitu maksimal satu jam untuk setiap harinya.

Para ilmuwan di Amerika menyatakan bahwa pola latihan intensif dan kompetisi olahraga ketahanan yang sangat ekstrim dan dalam jangka waktu lama dapat membahayakan jantung. Latihan ketahanan ekstrim seperti marathon, triathlon, serta bersepeda jarak jauh hingga puluhan bahkan ratusan KM mengakibatkan perubahan struktur jantung dan pembuluh darah, sehingga menyebabkan kerusakan pada jantung.

Demikian beberapa hal buruk dari berolahraga dengan berlebihan, janganlah memaksakan diri untuk terus berolahraga ketika tubuh sudah kelelahan. Apabila timbul nyeri dan cedera ringan maka segera berhenti dari berolahraga. Jadi, olahraga harus dilakukan dengan tepat, dan juga waktu dan intensitas yang cukup, sehingga Kamu memperoleh manfaat dan terhindari dari bahaya yang justru akibat dari olahraga yang berlebihan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar