Senin, 04 Januari 2016

Yuk Sambut Hari Kerja yang Sehat & Penuh Semangat

Bekerja sepanjang hari di kantor ternyata gak sehat lho. Kamu harus duduk selama berjam-jam, makan jadi sembarangan, ditambah lagi ada kerjaan menumpuk yang bisa memicu stres. Ketika kamu terlalu sibuk bekerja, kamu jadi lupa deh memperhatikan kesehatanmu.
Lalu gimana dong? Tenang, kita punya sedikit tips yang bisa membuat hari-harimu di kantor lebih sehat dan bersemangat (dan waktu lebih cepat berlalu tentunya):

1. Makan makanan yang sehat
Merasa capek saat bekerja dan akhirnya malah gak bisa ngerjain apa-apa? Yang pertama yang harus dilakukan adalah dengan makan secara sehat, dimulai dari sarapan.
Sarapan membantu kamu menyediakan energi untuk satu hari ke depan, jadi saat sarapan jangan asal kenyang. Pastikan asupan gizi yang masuk saat sarapan itu seimbang, dan jangan makan terlalu banyak juga biar gak ngantuk.
Meluangkan waktu sejenak lepas dari meja kerja untuk makan siang juga membantu kamu makan lebih baik dan kamu juga bisa ganti suasana.
2. Bikin ruang kerja yang ergonomis
Duduk sepanjang hari bisa bikin badanmu pegal-pegal, apalagi kalo cara dudukmu gak bener. Untuk menghindarinya ternyata mudah kok, kamu cukup bikin meja kerjamu ergonomis dengan memposisikan keyboarddan mouse sedemikian rupa, mengatur tinggi layar monitor sejajar mata, dan pastikan posisi dudukmu benar. Kamu mungkin juga bisa menggunakan kursi yang nyaman dan menjaga posturmu.

3. Bangun dan bergerak
Punya meja kerja yang ergonomis aja gak cukup — duduk terlalu lama itu juga berbahaya. Jadi, biar kamu tetap sehat dan terhindar dari berbagai risiko penyakit dan cidera, penting banget buat sering-sering bangun dari kursimu. Setidaknya setiap setengah jam, bangkitlah dari kursimu dan berjalan-jalanlah sebentar.
Atau kalo kamu mau, kamu bisa menyingkirkan kursi dari meja kerjamu dan mulai menggunakan meja berdiri.
4. Hindari kelelahan mata gara-gara komputer
Kalo kamu pernah mengalami mata sakit atau pusing sepulang kerja, mungkin karena kamu terlalu lama menatap layar monitor. Beristirahat sejenak seperti yang udah disebutkan di poin sebelumnya bisa membantu mencegah kelelahan mata. Saat matamu beralih dari layar, usahakan melihat ke kejauhan atau warna-warna hijau. Kacamata khusus untuk komputer juga mempan, meski agak mahal.
5. Berteman dengan rekan kerja
Rekan kerja kadang mengganggu dan menyebalkan, tapi berkawan sama mereka bisa bikin kerjaanmu gak begitu bikin stres. Bahkan, menurut penelitian, mereka yang ramah dengan rekan kerjanya ternyata usia hidupnya lebih lama lho.
Mereka bisa membantu kamu mengerjakan sesuatu. Selama perhatianmu gak teralihkan, rekan kerja bisa meningkatkan produktivitas dan membuatmu lebih sehat.
6. Alokasikan waktu untuk berolahraga
Rutin berolahraga baik untuk menjaga kamu tetap sehat dan semangat, tapi tuntutan kerjaan kadang bikin kita susah mengatur waktu untuk berolahraga. Tapi, olahraga ‘kan gak harus ke gym. Kamu bisa meluangkan waktu sejenak untuk naik turun tangga, push-up, sit-up, atau bawa barbel sendiri untuk latian angkat beban di kantor.

7. Pupuk ritual pribadi yang membuatmu tetap waras
Mungkin terdengar bodoh, tapi ritual yang kamu lakukan — baik itu bikin teh tiap pagi, mengganti air di vas bunga, memberi makan kucing yang nyasar di kantor — bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mentalmu lho! Jadi, jangan meremehkan ritual kecil yang kelihatannya gak penting.
8. Tidur yang cukup (atau curi-curi tidur siang di kantor)
Udah tau ‘kan kalo kurang tidur itu gak bagus buat kesehatan dan produktivitasmu? Tapi cuma sedikit dari kita yang mau mengubah kebiasaan tidur ke yang lebih baik. Kalo kamu susah banget buat mendapatkan tidur yang cukup di waktu malam, cobalah curi-curi untuk tidur siang di kantor barang sejenak. Tidur sejenak bisa membuatmu produktif dan kreatif. Pastikan tidurmu tidak terlalu singkat atau terlalu lama.
9. Bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras
Bekerja terlalu keras bisa menimbulkan stres dan berakibat buruk bagi kesehatanmu. Pola pikir yang seharusnya digunakan bukan kerja keras, melainkan kerja cerdas, yang berarti memanfaatkan waktu dengan lebih efisien, mengerjakan pekerjaan paling penting pada jam-jam kamu paling semangat, dan jangan terjebak dengan perasaan “terlalu sibuk”.
Semakin cerdas caramu bekerja, semakin sedikit waktu yang kamu perlukan untuk memikirkan pekerjaan yang harus dilakukan.

10. Pulang aja sih!
lebih lama bekerja gak berarti lebih produktif. Coba tanyakan sama dirimu sendiri, berapa jam kerjamu seminggu? Penelitian mengungkapkan bahwa bekerja lebih dari 40 jam seminggu menurunkan produktivitas kerjamu, kesehatanmu, dan penghasilanmu (toh dengan jam kerja lebih sedikit, bayaranmu tetap sama kan). Kalo udah waktunya pulang, ya pulang aja.

Pagi adalah waktu yang paling tepat untuk menggandakan produktivitas sembari mempersiapkan diri menghadapi berbagai tantangan yang akan dihadapi. Terlebih pagi di awal pekan seperti ini. Inilah waktunya kamu bersiap menyambut minggu baru yang lebih baik.
Sedemikian pentingnya pagi, sampai ada yang bilang bagaimana kita memanfaatkan bagi akan membawa pengaruh pada kesuksesan kita. Nah, kali ini kita akan membagikan 5 hal yang dilakukan orang-orang sukses sebelum jam 8 tiap paginya. Semoga juga bisa membawa manfaat bagi kesuksesanmu, ya!
1. Orang-Orang Sukses Menyisihkan Waktu Untuk Berolahraga
Olahraga adalah cara paling mudah untuk meningkatkan semangatmu di awal hari. Dengan menggerakkan badan dan meregangkan otot, tubuh dan pikiranmu akan lebih siap untuk diajak beraktivitas.
Berolahraga sebelum melakukan aktivitas juga dapat meningkatkan hormon endorphin yang berpengaruh terhadap kebahagiaanmu sepanjang hari. Sisihkan waktu untuk menggerakkan badan dan berolahraga di pagi hari, agar kamu lebih siap memulai awal minggumu dengan penuh semangat.
Tidak perlu repot, kalau kamu benar-benar tidak punya waktu kamu tetap bisa kok mendapatkan manfaat olahraga lewat cara-cara sederhana.
2. Sebelum Jam 8 Pagi, Mereka Memetakan Pekerjaan yang Harus Dilakoni
Orang-orang sukses benar-benar menafaatkan waktu pagi untuk merencanakan kegiatannya dengan baik. Mereka akan menggunakan paginya yang belum banyak terganggu oleh berbagai distraksi untuk membuat prioritas yang harus dilakoninya pada hari tersebut.
Manfaatkan waktu pagimu untuk membuat to do lists dan menetapkan tujuan yang ingin kamu capai di hari itu. Dudulah dengan tenang sembari tuliskan jadwal kegiatanmu di selembar kertas. Melakukan ini di awal hari akan membuatmu punya gambaran jelas tentang hal apa saja yang harus kamu lakoni di hari tersebut.
Oh iya, jangan lupa sertakan waktu break dan bermeditasi ya dalam jadwal yang kamu buat. Kesuksesan hari bukan cuma soal pekerjaan lho, tapi juga bagaimana kamu menyeimbangkan hidup antara pekerjaan dan gaya hidup yang lebih baik.
3. Memastikan Perut Terisi Dengan Sarapan Sehat
Perut keroncongan menahan lapar bukan pilihan tepat untuk mengawali hari. Gak asyik dong kalau baru beberapa jam beraktivitas kamu sudah ingin kabur ke kantin untuk cari cemilan? Supaya hal ini tidak terjadi, penuhi kebutuhan nutrisimu sebelum meluncur ke tempat kegiatan.
Awali harimu dengan menu sarapan enak dan bergizi yang berguna bagi konsentrasimu sepanjang hari. Tidak perlu repot dan membuatmu bekerja keras kok untuk menyiapkannya. Bahkan roti gandum dan selai kacang pun sudah cukup sebagai bekal tubuhmu hari itu. Sebisa mungkin hindari makanan instan yang mengandung banyak MSG.
4. Memanfaatkan Waktu untuk Melakukan Meditasi Dan Memvisualisasikan Kesuksesan
Pagi hari jadi waktu yang paling tepat untuk bermeditasi dan menciptakan ketenangan dalam dirimu. Manfaatkan suasana hening yang kondusif di pagi hari untuk bermeditasi dan memvisualisasikan kesuksesan yang ingin kamu raih di hari itu.
Atur nafasmu dan biarkan dirimu memvisualisasikan keberhasilan yang kamu rencanakan tercapai di hari itu. Jangan memandang hal sederhana ini sebelah mata, lho. Melakukan meditasi dan visualisasi dipercaya bisa meningkatkan mood dan memberimu sugesti untuk benar-benar bisa mencapai tujuan yang kamu inginkan.
5. Orang-Orang Sukses Melakukan Pekerjaan yang Paling Berat di Awal Hari
Apakah hari ini ada pekerjaan paling menyebalkan yang menantimu? Atau buat kamu yang masih kuliah, adakah tugas yang paling membuatmu pusing yang harus kamu kerjakan? Jika jawabannya iya, maka pastikan kamu melakukan pekerjaan dan tugas terberatmu itu di awal hari.
Pagi hari adalah waktu dimana kamu punya energi lebih untuk memberikan kemampuan terbaik, setelah beristirahat malam sebelumnya. Selain itu, melakukan pekerjaan terberat di awal hari juga bisa membuat sisa harimu lebih ringan. Kalau pekerjaan terberat sudah selesai di awal hari, tak ada lagi yang perlu kamu khawatirkan setelahnya.
Secara logis, I Hate Monday terjadi karena dampak psikologis dimana pada hari Sabtu dan Minggu Anda bisa refreshing setelah 5 hari bekerja. Kemudian ketika Senin tiba, Anda belum siap untuk terjebak macet pergi ke kantor dan juga kembali duduk ke kubikel Anda. Melepaskan penat dengan pergi sekeluarga ke mall atau santai di rumah ketika akhir pekan memang keharusan agar pikiran dan emosi Anda tetap baik. Namun, jangan sampai Anda belum siap untuk kembali beraktivitas pada hari Senin, ya!
Ingin tahu bagaimana menyiasatinya? Simak beberapa tips di bawah ini:
  1. Pada hari Jumat, sebelum Anda pulang untuk berakhir pekan, rapikan meja kerja Anda dari berkas-berkas yang menumpuk. Kemudian, tempelkan post it yang bertuliskan “Don’t forget to smile and have a good day!” atau kata-kata motivasional lainnya di layar komputer Anda. Dengan begitu, ketika hari Senin Anda sampai di kantor, Anda akan disambut dengan lingkungan yang memberi semangat untuk memulai hari. Good to try, right?
  2. Jadikan akhir pekan Anda bukan hanya untuk melepas stress tapi untuk mengisi kembali stamina agar siap untuk menyambut hari Senin. Olahraga ringan seperti bersepeda atau jogging bisa menjadi salah satu pilihannya. Jadi ketika Senin datang, Anda bisa dengan mudah mengatakan “BRING IT ON!”
  3. Pada Minggu malam, mandilah dengan air hangat agar tidur Anda menjadi lebih nyenyak. Manfaat air hangat sendiri dapat melebarkan pembuluh darah Anda yang akan memperlancar peredarah darah. Tubuh dan pikiran Anda akan menjadi rileks dan tidur pun akan makin nyenyak.
  4. Cobalah konsisten untuk selalu bangun pagi setiap harinya. Jadi sebelum berangkat kerja, Anda dapat berolahraga ringan seperti jogging keliling kompleks atau stretching ringan. Plus, Anda pun jadi punya waktu lebih untuk bersiap-siap dan terhindar dari persiapan yang terburu-buru dan menjadikan penampilan yang kurang maksimal.
  5. Jangan lupa untuk sarapan! Untuk menu sarapannya sendiri, Anda bisa memilih yang tinggi serat seperti oatmeal, roti gandum, dan sereal. Makanan yang kaya serat diyakini dapat menambah energi dan semangat Anda. Apalagi jika Anda sarapan dengan keluarga. Melihat senyum mereka pasti sudah tidak ada lagi sindrom monday blues.
  6. Rencakan sesuatu yang seru dengan teman atau pasangan Anda di hari Senin. Dinner date atau nonton film di bioskop pasti jadi suatu hal yang dinanti. Bahkan, bisa jadi Anda jadi tidak sabar untuk menunggu datangnya hari Senin.
  7. Ingatlah bahwa kantor bukan saja tempat Anda bekerja. Tanamkan di dalam pikiran bahwa Anda akan bertemu teman-teman sekantor yang seru dan menyenangkan. Hal tersebut bisa memberikan semangat kepada Anda untuk bertemu mereka dan bertukar cerita seputar kegiatan weekend kemarin atau topik-topik seru lainnya.
  8. Kemacetan di hari Senin seringkali memicu munculnya slogan “I Hate Monday”. Apalagi, jalan lancar memang sulit ditemui di pada Senin pagi. Nah, agar perjalanan dari rumah ke kantor makin menyenangkan, buatlah playlist lagu-lagu favorit. Masukan lagu yang dapat memberikan mood booster agar semangat untuk beraktivitas.
Saat bangun di pagi hari, tentunya Bright friends ingin bangun dengan penuh semangat dan siap menyambut hari yang penuh aktivitas. Tapi kenyataannya ada hari ketika semangat di pagi hari tak kunjung muncul dan Anda memulai hari dengan lesu seperti tanpa motivasi. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan masalah ini, misalnya kurangnya kuantitas atau kualitas tidur di malam hari. Untungnya, makanan yang Anda nikmati bisa jadi solusi masalah ini, lho.
Pola makan serta makanan yang Anda konsumsi secara rutin bisa mengubah struktur, fisiologi, serta kimia otak Anda, sehingga pada akhirnya mengubah perilaku Anda. Karena itu, makanan juga bisa membantu menambah semangat Anda dan mengubah suasana hati Anda menjadi lebih positif. Jadi, saat sedang butuh suntikan semangat, coba saja nikmati beberapa makanan berikut ini:
1. Ikan
Penelitian telah membuktikan bahwa asam lemak Omega 3 yang terkandung dalam ikan punya peran penting dalam kesehatan mental dan menurunkan resiko depresi. Selain ikan, Anda juga bisa mengkonsumsi bahan makanan kaya asam lemak Omega 3 lain seperti kacang-kacangan, kembang kol, kacang merah, dan brokoli.
2. Sayuran hijau
Asam folat berperan penting dalam produksi kimia otak seperti serotonin dan dopamine yang membuat Anda merasa lebih bahagia. Karena itu, bahan makanan kaya asam folat seperti sayuran hijau (bayam, asparagus, brokoli, dll) selalu bermanfaat untuk mengangkat semangat Bright Friends. Tahu, pepaya, sereal, serta kacang merah yang kaya asam folat juga bisa jadi pilihan.
3. Coklat
Siapa yang tak suka makan coklat? Sajian nikmat ini akan membangkitkan semangat Anda bukan hanya karena rasanya yang lezat, tapi juga karena kandungan kimia dalam coklat yang membantu produksi serotonin dan dopamine serta menurunkan produksi hormon stres cortisol pada otak. Akibatnya, Anda akan merasa lebih senang! Anda bisa kreasikan coklat dengan kesegaran buah strawberry.
4. Alpukat
Mendorong produksi serotonin dalam otak yang membuat Anda merasa lebih bahagia tak ada gunanya kalau otak Anda tidak memprosesnya dengan baik. Konsumsi alpukat akan bermanfaat, karena kandungan nutrisi dalam alpukat membantu menjaga reseptor dalam otak Anda tetap sensitif terhadap serotonin.
5. Oatmeal
Kandungan karbohidrat dalam oatmeal memicu pelepasan serotonin. Selain itu, oatmeal juga kaya selenium yang dibutuhkan otak untuk menjaga suasana hati positif.
Rutin mengkonsumsi makanan di pagi hari juga dapat membantu menjaga energi sepanjang hari dan memberi semangat yang lebih positif, dengan begitu kinerja Anda setiap hari akan terus meningkat.
Suasana setelah liburan yang cenderung malas, harus bisa kamu buang jauh-jauh. Kembalilah ke rutinitas biasanya dengan penuh semangat dan harapan baru. Ingat, ada banyak hal yang harus kamu raih dalam karir. Jangan hanya karena liburan produktivitasmu jadi menurun ya. Malah, setelah liburan kamu harus jadi lebih bersemangat karena otak dan fisik dalam keadaan fresh. Nah, bawa semangat baru ke kantor yuk, Ladies. Ini caranya..
Tata ulang ruangan
Ruangan kamu yang berantakan bisa membawa suasana kerja yang kurang kondusif. Sebelum memulai kerja, lebih baik tata ulang ruangan agar lebih fresh. Bawa juga bunga segar dari rumah untuk menambah suasana kerja yang lebih ceria.
Sempatkan diri ngobrol dengan teman kantor
Setelah liburan lama, pasti tersimpan cerita berkesan dan lucu yang ingin di bagikan pada teman kantor. Lakukan hal tersebut saat makan siang atau sebelum memulai kerja. Bagi yang belum sempat bertemu di hari yang fitri, manfaatkan momen ini untuk bersilaturahmi terlebih dahulu ya.
Lakukan relaksasi sebelum kerja
Agar makin semangat, yuk lakukan relaksasi sebelum bekerja, Ladies! Kamu bisa memulainya dengan melakukan yoga selama 15 menit di dalam ruangan. Sederhana saja, duduklah dengan posisi tegak, pejamkan mata lalu lakukan teknik pernafasan. Dijamin kamu akan makin fresh dan bersemangat dalam menjalani hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar